Berita Nasional Terpercaya

Seputar Fakta Penggunaan dari Sabuk Pengaman Mobil !

0

Bernas.id – Berkendara adalah salah satu aktifitas manusia yang sering dilakukan untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tak terkceuali berkendara dengan mobil, sudah sangat vital kendaraan roda empat ini fungsinya untuk menunjang berbagai kegiatan masyarakat di Indonesia. Mereka yang memilih mobil, karena lebih efisien  dapat membawa keluarga atau temannya sekaligus serta dengan menggunakan mobil bisa terhindar dari yang namanya hujan dan terik panas matahari.

Namun hal terpenting dalam berkendara yakni, soal keselamatan terutama saat menggunakan mobil. Bisa dibilang hampir setiap hari terjadi kecelakaan tak terkecuali dengan roda empat, semua itu karena seringnya para pengemudi yang mengabaikan terkait keselamatan. Sehingga mereka yang mengabaikannya pun, tak jarang yang luput dari yang namanya kecelakaan.

Kunci dari keselamatan berkendara khususnya mobil, adalah kesadaran, kepedulian dan saling respect satu sama lain antar pengguna jalan guna meningkatkan upaya keselamatan berkendara.

Baca juga Berapa Sih Biaya Perbaikan Busa Jok yang Kempis?

Tidak cuma itu saja, pengetahuan dan logika yang dipakai dalam berkendara juga merupakan hal penting. Seperti mengetahui rambu-rambu , aturan tak lain untuk kebaikan pengguna jalan itu sendiri. Pemerintah melakukan pemaksaan dalam menerapkan peraturan pada lalu lintas sebagai landasan agar tak ada kecelakaan dan demi ketertiban semua pihak.

Kemudian keselamatan juga didukung pula dari aspek jalan, lingkungan dan kendaraan. Teknis keselamatan harus diupayakan dalam pembuatan pra operasional sampai pasca operasional jalan yang dibuat oleh pemilik jalan, pembina jalan dan pihak ketiga, yaitu pemerintah/stakeholder dan pihak swasta.

Aspek lingkungan meliputi cuaca dan kondisi lalu lintas yang sedang di lewati. Sementara aspek kendaraan meliputi persiapan alat pelindung dan pengecekan kendaraan sebelum memulai perjalanan, salah satunya adalah sabuk pengaman.

Sabuk pengaman adalah alat penting dalam sebuah mobil. pengendara ataupun penumpang memang diharuskan untuk mengenakan sabuk pengaman selama berkendara.

Dengan memakai sabuk pengaman bisa mengurangi resiko parah apabila terjadi kecelakaan. Maka dari itu, setiap pengendara ataupun penumpang mobil diharuskan menggunakan sabuk pengaman. Dari pada mengambil resiko, tentu akan merugikan pengendara atau penumpang  jika mengabaikan keselamatan mereka sendiri jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sebuah penyedia layanan asuransi di Afrika Selatan, AA, merilis seputar fakta terkait pentingnya penggunaan sabuk pengaman untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Fakta yang pertama, sabuk pengaman akan membantu kerja airbag lebih maksimal.

Airbag akan bekerja secara maksimal apabila kamu menggunakan sabuk pengaman. Airbag memberikan perlindungan tambahan dalam kecelakaan, namun pengemudi ataupun penumpang bisa menghantam airbag yang mengembang bila tidak mengenakan sabuk pengaman.

Lalu fakta kedua, setiap kenaikan 1 persen tingkat penggunaan sabuk pengaman dapat menyelamatkan 100 nyawa. Selain itu, jika sabuk pengaman digunakan dengan tepat maka dapat mengurangi resiko kematian dalam kecelakaan sebesar 61 persen.

Kemudian, penumpang kursi belakang juga perlu menggunakan sabuk pengaman. Hal itu disebabkan fakta bahwa penumpang belakang yang tak mengenakan sabuk pengaman sering terlempar ke depan atau ke samping akibat benturan.

Fakta ketiga, terkait penggunaan pengamanan untuk anak baik kursi khusus anak ataupun sabuk pengaman (untuk anak yang sudah cukup besar). Penggunaan pengamanan anak ini secara teratur bisa mengurangi angka kematian anak hingga 35 persen.

Baca juga Ini Dia Kelebihan dari Mesin Diesel Modern yang Perlu Anda Tahu!

Nah, sekarang tahu kan betapa pentingnya penggunaan sabuk pengaman setelah mengetahui beberapa fakta penggunaan sabuk pengaman tadi. Jadi, mulai sekarang jangan lalai menggunakan alat pengaman satu ini ya !

Leave A Reply

Your email address will not be published.