Berita Nasional Terpercaya

Akpar Buana Wisata Komitmen untuk Hasilkan SDM Berkompeten di Pariwisata

0

Bernas.id – Pariwisata merupakan salah satu bidang yang sedang digenjot Pemerintah. Tak mengherankan karena potensi pariwisata sangat besar serta mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Untuk itu, pendidikan pariwisata menjadi hal yang penting demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pariwisata.

Tujuan itulah yang sedang digenjot oleh Akademi Pariwisata (Akpar) Buana Wisata. Berdiri pada tahun 1974, Akpar Buana Wisata menjadi salah satu perguruan tinggi pariwisata tertua di Yogyakarta. Akpar Buana Wisata memiliki visi menjadi perguruan tinggi pariwisata yang berdaya saing global dan bertingkat internasional. Untuk mewujudkan visi tersebut, Akpar memiliki beberapa misi, salah satunya adalah menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang pariwisata melalui program studinya, yaitu Diploma 3 (D3) Perhotelan.

Baca Gencar Promosi Digital Menpar Akan Tunjukkan 7 Destinasi Ini Kepada Dunia

?Saat ini kami sedang fokus menyempurnakan D3 Perhotelan dulu, ke depannya Akpar Buana Wisata masih akan terus bertumbuh dengan melihat demand (kebutuhan) di masyarakat. Tentunya dilakukan secara bertahap,? ungkap Ibu Rullyana P. Mamengko, atau biasa dipanggil Ibu Anna, sebagai Kaprodi D3 Perhotelan.

Sebagai Perguruan Tinggi, Akpar Buana Wisata memiliki keunggulan dan perbedaan dari Perguruan Tinggi sejenis, salah satunya adalah dari segi biaya. Akpar Buana Wisata menjamin kuliah berkualitas dengan biaya terjangkau. Sistem pembayaranpun dilakukan per bulan, mengapa? ?Karena kami berusaha memfasilitasi mahasiswa yang sudah bekerja, tentunya gaji mereka dibayarkan perbulan. Jadi jika mahasiswa tersebut ingin membayar kuliahnya sendiri, akan kami mudahkan,? tutur Ibu Anna.

?Mahasiswa kami memang banyak yang sudah bekerja di hotel berbintang meskipun belum lulus,? lanjut beliau.

Hal tersebut sudah dinilai menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi pihak kampus. Selain itu, Akpar Buana Wisata juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, yang kurang mampu, dan beasiswa dari yayasan. Berbeda dari perguruan tinggi lainnya, mahasiswa punya kesempatan mengajukan beasiswa tiap semesternya. Artinya, ada kesempatan mahasiswa kuliah gratis dari awal masuk hingga lulus dengan syarat lulus seleksi.

Ibu Anna juga mengungkapkan bahwa ilmu yang diberikan pada mahasiswanya merupakan ilmu yang up to date dengan didukung oleh dosen-dosen yang mumpuni sebagai praktisi di bidangnya.

?Kami memiliki tagline ?One Campus, Many Dreams to Achieve?. Dimana kami tidak hanya fokus tentang pelayanan hotel, namun juga tentang marketing dan accounting hotel. Termasuk digital marketing kami ajarkan di kampus,? ujar Ibu Anna.

Beliau mengatakan bahwa tujuannya untuk menghasilkan output mahasiswa dengan ilmu dan peluang yang lebih luas. Ditambah dengan banyaknya relasi yang dimiliki kampus, mahasiswa nantinya lebih mudah mencari pekerjaan dan tentunya lebih profesional. Terbukti dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang datang ke Akpar setiap minggunya.

Alumni Akpar Buana Wisata memang sudah terbukti kualitasnya dan sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Bahkan menurut Ibu Anna, banyak yang menjadi General Manager di hotel. Meskipun begitu, pihak kampus masih belum puas.

Baca Jokowi: Keunikan Budaya Jadi Kekuatan Promosi Pariwisata Daerah

?Tantangan kami ke depannya adalah dapat menyuplai lulusan terbaik untuk mengelola pariwisata di Indonesia, agar lebih profesional dan berkualitas,? terang Wanita yang menjabat Kaprodi ini.

Ke depannya, Akpar Buana Wisata berencana bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas masing-masing kampus dengan jalan pertukaran mahasiswa. Hingga nantinya naik kelas, dari akademi menjadi politeknik, kemudian menjadi sebuah Universitas berstandar internasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.