Berita Nasional Terpercaya

Kampas Rem Motor Generasi Sekarang Cepat Habis? Ini 3 Faktor Penyebabnya

0

Bernas.id – Kendaraan roda dua atau lebih populer disebut sepeda motor sekarang ini dijuluki raja jalanan, sebab lebih banyak mendominasi jalan raya. Selain karena harganya yang relatif lebih murah ketimbang sebuah mobil, motor juga merupakan kendaraan yang cukup praktis dan lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Dengan teknologi dari mesin motor yang semakin hari semakin baik, sekarang ini motor juga cukup bisa diandalkan untuk perjalanan jauh seperti lintas provinsi. Coba saja Anda lihat sekarang sudah cukup banyak motor yang bervolume silinder lebih besar dan juga menggunakan sistem pendingin seperti water cooler.

Akan tetapi, terkadang seseorang juga kurang peduli dan kurang memperhatikan motornya dikarenakan kesibukan mereka masing-masing. Padahal, dengan sedikit meluangkan waktu untuk melakukan perawatan, biaya perawatan motor yang lebih tinggi dapat terhindarkan.

Salah satu komponen yang sering diabaikan perawatannya adalah  bagian rem. Padahal, sistem rem merupakan komponen penting pada suatu sepeda motor yang membuat pengendara aman di jalan. Fungsi dari sistem rem pada sepeda motor adalah untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan, dan yang terakhir yang sudah banyak sepeda motor yang memanfaatkan rem untuk parkir. Tak heran, jika komponen satu ini tak boleh luput dari perhatian kita sebagai pengguna sepeda motor.

Berbicara sistem rem sepeda motor, tentu tak terlepas dari yang namanya kampas rem, salah satu bagian penting yang saat ini cukup dikeluhkan pengguna motor baru karena usia pakai kampas rem yang cepat habis. Banyak yang mengalami di motor baru bahwa kampas remnya sudah habis kurang dari setengah tahun pemakaian dengan jarak yang sama.

Kampas rem yang habis memang bisa menimbulkan bahaya. Apabila kampas rem habis, jika handel rem ditarik, akan menyebabkan cakram atau piringan tidak bergesekan lagi dengan kampas, tetapi bergesekan dengan besi pada kampas rem. Apabila hal itu terjadi, cakram akan cepat aus dan akhirnya cepat rusak.

Banyak faktor yang mempengaruhi kampa rem motor baru cepat habis, ini beberapa di antaranya:

1. Ketebalan Kampas Rem

Pertama, ketebalan kampas rem karena ternyata ketebalan kampas rem motor keluaran lama dan baru itu berbeda lho!

?Salah satu yang bikin cepat habis, karena ketebalan kampas berbeda. Contohnya tebal kampas motor bebek keluaran lama, kelihatan kan lebih tebal dari kampas motor matik baru,? ucap salah satu Chief Mekanik bengkel resmi pabrikan Jepang yang tidak ingin disebut namanya.

Secara kasat mata, ketebalan kampas juga sudah bisa dilihat berbeda. Supaya lebih yakin bisa ukur ketebalannya, kampas rem cakram depan motor bebek keluaran lama memiliki tebal 7 mm.

Baca juga Waspada ! Berikut Komponen Sepeda Motor Bekas yang Rawan ?Dikanibali?

Sementara tebal kampas rem depan motor matik keluaran terbaru cuma 5,5 mm. Artinya, motor lama kampas remnya lebih tebal kurang lebih 1,5 mm.

?Kalau alasan kampas rem baru dibuat sedikit lebih tipis, saya juga kurang tahu. Buat material yang digunakan juga entah sama atau beda. Yang pasti kampas rem motor baru memang lebih gampang habis,? tambahnya.

2. Kondisi Jalan

Selain ketebalan, tentu kondisi jalan dan mesin juga mempengaruhi usia pakai kampas rem. Jalan yang semakin padat, akan membuat penggunaan rem lebih sering dibandingkan yang tak ramai seperti dulu.

3. Kapasitas Mesin

Baca juga 7 Tips Untuk Merawat Helm Kesayanganmu!

Tidak hanya itu, kapasitas mesin dan tenaga mesin yang lebih besar juga akan membuat kerja kampas rem lebih berat. Tidak heran jika di motor baru kampas rem akan menjadi lebih cepat habis.

Apabila jenis kampas rem kamu sama dengan motor keluaran lama, tak ada salahnya untuk lakukan subtitusi. Setidaknya, dengan kampas yang lebih tebal, otomatis umur pemakaian akan sedikit lebih lama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.