Berita Nasional Terpercaya

Ini 3 Sikap Penting untuk Pengusaha Agar Sukses Kelola Keuangannya

0

Bernas.id – Setiap orang pada dasarnya mempunyai peluang yang sama untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Tidak harus berasal dari keturunan keluarga pengusaha yang sukses pula dan tidak harus mempunyai modal yang besar. Namun, yang menjadi kunci utama adalah setiap pengusaha sukses harus mampu mengelola keuangannya dengan bijak. Salah satu modal utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha untuk bisa sukses adalah ?sikap keuangan?. Hal ini penting agar usaha yang dibangun nantinya tidak bangkrut akibat ketatnya persaingan di pasar bisnis.

Kira-kira apa saja sikap keuangan yang wajib dimiliki oleh pengusaha agar bisa menjadi pengusaha sukses? Berikut penjelasannya:

Pengusaha yang Tidak Malu untuk ?Pelit?

Sebagai pengusaha, ada kalanya kita harus bersifat pelit untuk sesuatu yang tidak terlalu penting. Walaupun sifat ini sebenarnya tidak dibenarkan kalau dilakukan di luar bidang keuangan, tapi sebagai pengusaha kita harus berani mengatakan ?Tidak? ketika mendapat pengajuan dana yang tidak penting. Hal ini perlu Anda perhatikan agar kondisi keuangan usaha anda bisa tetap seimbang dan terjaga.

Pengusaha yang Jeli

Salah satu yang termasuk karakter pengusaha yang mampu sukses untuk mengatur keuangannya adalah mereka yang jeli dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kejelian dan kekritisan para pelaku usaha membuat mereka tidak mudah ditipu dan percaya dengan orang lain. Jadi, wajar apabila dalam mengatur keuangan usaha, mereka cukup profesional.

Pengusaha yang Sederhana

Yang dimaksud pengusaha yang sederhana adalah pengusaha yang menjauhkan diri dari sikap ?Hedonis?. Karena, apabila kita sebagai pengusaha mampu menjauhkan diri dari sikap hedonis maka otomatis gaya hidup kita akan cenderung sederhana. Dengan memiliki gaya hidup yang sederhana, maka kita akan tidak berfoya-foya dalam mengelola keuangan dan tidak sembarangan mengeluarkan uang untuk kepentingan yang tidak perlu.

Dengan menerapkan ketiga karakter di atas, diharapkan para pengusaha mampu mengelola keuangan bisnisnya dengan baik. Tidak hanya itu, diharapkan mereka juga dapat memutar modal usahanya agar dapat mendatangkan keuntungan yang besar pada bisnis yang mereka jalankan. Intinya, jangan pernah ragu untuk jadi pengusaha.

Leave A Reply

Your email address will not be published.