Berita Nasional Terpercaya

Kalau Smartphonemu Mengalami Tanda-tanda Ini Sebaiknya Segera ‘Obati’ Ya Guys!

0

Bernas.id – Saking aktifnya menggunakan smartphone, terkadang banyak orang yang tidak sadar kalau smartphone yang mereka gunakan sudah terserang atau terjangkit virus. Dan akhirnya tiba-tiba membuat kinerja smartphone menjadi menurun dan banyak masalah yang sering dialami.

Padahal nih, kalau kamu mau lebih peka ternyata ada lho pertanda kalau smartphone yang kamu gunakan sudah terjangkit oleh virus. Apa saja sih tanda yang dimaksud tersebut? Langsung simak saja yuk!

1. Gak dipakai apa-apa, eh baterai smartphone cepat habis

Memang sudah sejatinya kinerja baterai smartphone semakin bertambahnya usia akan semakin berkurang. Namun kalau berkurangnya drastis alias cepat habis, maka hal ini yang harus kamu waspadai. Hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda kalau smartphonemu sudah terjangkiti virus.

Baca juga 12 Merek Smartphone yang Akan Segera Mencicipi Android Oreo

Nah, cara yang dapat kamu lakukan untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan rajin mengecek di Settings lalu ke Apps apakah ada aplikasi yang tidak diinginkan tiba-tiba terinstal. Jika ada maka segera uninstall dan bersihkan segera aplikasi tersebut dari smartphonemu.

 

2. Smartphone jadi lemot minta ampun

Tanda nyata selanjutnya yang menandakan kalau smartphonemu terjangkit oleh virus adalah menurunnya performa, sehingga smartphone menjadi lemot minta ampun. Hal ini dapat disebabkan karena smartphonemu telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya. Malware tersebut bisa berasal ketika kamu browsing atau melakukan aktivitas lainnya di smartphone.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan clear cache lewat menu Settings > Apps. Kemudian buka satu per satu aplikasi dan tekan menu Clear Cache. Walaupun tidak seratus persen mengatasi tetapi dengan menggunakan cara ini setidaknya dapat membantu untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus.

 

3. Gak ada angin, gak ada hujan tiba-tiba muncul iklan pop-up

Tanda selanjutnya yang menandakan kalau smartphonemu telah terjangkit virus adalah munculnya iklan pop-up. iklan pop-up unu muncul secara tidak wajar, sebagai contoh ketika kamu tidak sedang melakukan apapun tiba-tiba muncul pesan berisi iklan pop-up di layar homescreen atau lockscreen smartphonemu.

Kalau seperti ini sebaiknya kamu harus berhati-hati, jangan sampai kamu mengklik iklan pop-up inj ya. Bisa jadi iklan tersebut adalah jalan peretas untuk mengambil alih informasi penting dari smartphonemu. Tidak hanya itu saja, jamu wajib melakukan reset untuk mengembalikan smartphone ke performa semula manakala tak terjangkit virus.

 

4. Jadi boros banget, tiba-tiba kuota internet cepat habisnya

Tanda selanjutnya yang mengindikasi kalau smartphonemu terjangkit virus adalah kuota intetnet menjadi cepat habis. Padahal baru kemarin rasanya beli kuota internet. Coba deh, cek aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internetmu dengan cara buka Settings > Data Usage.

Dari situ kamu dapat melihat daftar aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota. Apabila aplikasi tersebut memang jarang kamu gunakan tetapi paling banyak menyedot kuota bisa jadi ada virus bersembunyi di dalamnya. Cara paling gampang untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menghapusnya saja.

 

5. Meski gak selamanya benar, waktu booting yang kelewat lama bisa jadi tanda adanya virus di smartphone

Kalau dalam smartphone terdapat virus bisa jadi smartphonemu akan lama ketika proses booting. Tetapi kamu harus benar-benar memastikan, siapa tahu hal itu juha proses booting terjadi karena RAM sudah kepenuhan atau kerusakan pada bagian hardware-nya.

Kalau sudah pasti penyebabnya adalah virus maka kamu mau gak mau harus melakukan factory reset deh. Atau kalau takut rusak bisa dibawa ke service center untuk mengatasi masalahnya

 

6. Paling bahaya, kalau tanpa sebab kamu mengirim atau menerima SMS juga telepon aneh

Yang terakhir adalah tanda yang paling bahaya, sialnya smartphone tanpa sebab bakal mengirim SMS diam-diam atau bahkan menbuat panggolan telepon ke nomor tertentu. Biasanya virus ini dikirim oleh peretas yang menggunakan teknik phising dimana aktivitasnya didasarkan untuk mengambil alih akun perbankan atau media sosialmu.

Baca juga Yuk Nge-Vlog dengan 6 Kamera Blog Paling Praktis Nan Berkualitas Ini

Untuk menghindari tanda satu ini maka kamu wajib hapus SMS yang aneh tersebut dan segera matikan deh otentikasi dua langkah di semua layanan yang ada di smartphonemu.

Nah, itulah beberapa tanda nyata kalau smartphonemu telah terjangkit virus. Kalau smartphonemu pernah atau mengalami hal di atas, segera perbaiki deh ketimbang gak bisa digunakan sama sekali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.