Berita Nasional Terpercaya

6 Faktor Yang Menjadikan Asuransi Tak Dapat Diklaim !

0

Bernas.id – Kendaraan pribadi  adalah hal yang sangat vital bagi semua orang yang harus beraktifitas ke tempat yang jauh dari rumah. Terutama bagi mereka yang hidup di kota-kota besar, tentu sangat membutuhkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi mereka. Maka tidak heran, jika semakin banyak yang membutuhkan kendaraan pribadi karena fungsinya tadi.

Jika memiliki kendaraan pribadi, artinya tanggung jawab untuk menjaga kendaraan sudah hal wajib yang harus dilakukan. Salah satu bentuk penjagaan yang bisa dilakukan adalah melalui asuransi kendaraan bermotor. Produk asuransi akan menjamin setiap keruguan atau kerusakan pada motor atau mobil yang diasuransikan.

Sehingga banyak dari mereka yang memiliki kendaraan pribadi mengasuransikan kendaraannya demi meminimalisir resiko yang ditanggung jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan. Biasanya, yang di cover oleh asuransi yakni kerusakan kendaraan atau kehilangan kendaraan.

Ada satu hal yang harus dipahami, seperti dilansir detikOto, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat asuransi kendaraan tidak dapat diklaim. Simak selengkapnya :

1. Penggunaan Kendaraan

Bangun Pambudi, Manager Survey dan Garda Siaga Asuransi Astra (Garda Oto), mengatakan asuransi tidak dapat diklaim jika keruksana mobil disebabkan kecelakaan saat mobil digunakan lomba/ karnaval/pawai dan lain-lain. Ketika kendaraan pribadi dijadikan kendaran pribadi dijadikan kendaraan komersial juga asuransinya tak bisa diklaim.

“Penggunaan itu ada untuk pribadi/dinas, ada yang untuk komersial. Kalau dia asuransinya untuk pribadi/dinas, tapi dipakai untuk taksi online, atau untuk rental itu tidak bisa di-cover. Kalau tadinya pribadi mau dijadikan taksi online atau rental silakan lapor ke asuransi nanti tambah premi dengan rate komersial,” kata Bangun kepada detikOto.

Baca juga Anda Mau Membeli Mobil? Simak Dulu Tips Membeli Mobil Berikut Ini!

 

2. Kelebihan Muatan

Kemudian, asuransi mobil tidak dapat di-cover apabila kecelakaan disebabkan oleh mobil yang kelebihan muatan. “Misalnya kapasitas mobil hanya untuk delapan orang, tapi dipakai 10 orang, itu tidak bisa di-cover,” jelas Bangun.

 

3. Pengemudi di bawah pengaruh alkohol dan komponen kendaraan aus

Lalu, penyebab kecelakaan lain seperti akibat pengaruh alkohol atau sifat material kendaraan yang aus juga tidak bisa diklaim asuransinya. Untuk sifat material kendaraan yang aus, contohnya kanvas rem yang aus.

“Kalau kita (pihak asuransi) bisa membuktikan bahwa kendaraan itu tidak laik jalan, asuransi itu kita tolak. Tapi asuransi harus buktikan dari analisa bengkel, dan sebagainya. Kalau kita (pihak asuransi) nggak bisa buktikan, kita harus cover,” ujar Bangun.

 

4. Pengemudi tidak memiliki SIM/SIM habis masa berlakunya

Selanjutnya, pengendara yang tidak memiliki SIM juga tak dapat mengklaim asuransi. Sama halnya dengan pengemudi yang masa berlaku SIM-nya sudah habis, juga tak bisa mengklaim asuransi.

“SIM mati sehari pun di polisi suruh bikin baru. Maksudnya di sini SIM sesuai undang-undang yang berlaku, yang berlaku ini kan SIM yang masih hidup,” katanya.

 

5. Kehilangan mobil karena penggelapan, hipnotis

Selain itu, penyebab lain yang membuat asuransi tak bisa diklaim adalah penggelapan, hipnotis, perbuatan jahat tertanggung/pengawasan tertanggung.

“Hipnotis juga tidak diklaim. Memang itu tindakan kejahatan, tapi kita lebih mendefinisikan lagi kalau hipnotis tidak dijamin. Karena korban tidak sadar itu kita susah membuktikannya,” ucap Bangun.

 

6. Kerusakan pelek

Di luar itu, untuk kerusakan ban/pelek/dop tanpa kerusakan lain juga tidak bisa diklaim. Misalnya, dalam sebuah kecelakaan yang rusak hanya pelek, hanya ban, atau hanya pelek dan ban, maka asuransinya tidak dijamin.

Baca juga Menghirup Freon Ketika Terjadi Kebocoran AC Mobil? Ini 4 Bahaya dan Solusinya!

“Tapi ada ban rusak, pelek rusak, bodi rusak dalam satu kejadian yang sama, itu dijamin semua sampai ban-bannya. Tapi kalau kejadian beda nggak bisa dijamin. Kalau masalah ban sobek, yang dijamin adalah yang karena perbuatan jahat,” ucap Bangun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.