Berita Nasional Terpercaya

Hindari 4 Hal Ini Agar Kulitmu Tidak Kusam!

0

Bernas.id- Pernah melihat wajah sendiri tidak segar, kuyu, layu saat bercermin? Hati-hati ya guys, itu salah satu penyebab dari aktivitas kamu yang berlebih. Korban yang paling tampak yaitu wajah. Wajah tidak mampu menutupi lelah. Jika diamati, ketika aktivitas terlalu berat, berlebihan, stres meninggi, kulit akan terasa kering dan kurang elastis. Terkadang tampak seperti keriput.

Nah, hal apa saja yang perlu kamu hindari agar kulitmu tetap segar dan aktivitasmu tetap berjalan?

1. Kurang tidur

Porsi tidur malam orang dewasa normalnya sekitar 7-8 jam per hari. Namun aktivitas yang terlalu padat bisa membuat seseorang kekurangan porsi tidurnya. Ketika tubuh kurang tercukupi rasa puas akan tidur, kulit tak segar. Karena proses pergantian sel kulit terhambat. Di mana pergantian sel kulit terjadi ketika tubuh kita relax.

Apabila sulit mendapatkan porsi tidur yang optimal, kamu bisa siasati dengan tidur berkualitas. Dengan memanfaatkan sedikit waktu tidur malam tapi seluruh organ tubuh kita benar-benar istirahat. Jangan biarkan terganggu suatu apa pun. Karena ketika tidur, cairan tubuh kita akan mengisi kulit-kulit kendor. Sehingga, pada saat terbangun, kulit akan terasa lebih segar dan kenyal.

2. Begadang

Normalnya, tidur paling lambat pukul 22.00. Lagi-lagi aktivitas padat membuat seseorang akan menunda waktu tidurnya. Menurut salah satu dokter estetika yang dijumpai ketika praktik di salah satu klinik ternama di Bandung menjelaskan bahwa ketika waktu sudah menunjukkan lewat pukul 22.00 atau pada malam hari, dalam keadaan tidur, hormon MSH (Melatonin Stimulating Hormones) akan dibentuk oleh tubuh. Hormon MSH ialah hormon yang akan mengencangkan dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Oleh karena itu, jika begadang tubuh kita akan kehilangan kesempatan untuk memproduksi hormon MSH yang diperlukan untuk perbaikan sel kulit. Dampaknya, kulit akan tampak kusam dan timbul garis-garis kerutan.

3. Kurang minum air putih

Air merupakan komponen kritis dalam tubuh. Tubuh kita tersusun sekitar 60-70% oleh air. Artinya, asupan terbesar tubuh kita harus didominasi oleh air. Ketika mengalami kekurangan, sesuatu apa pun akan protes. Begitu juga tubuh kita, ketika kita kurang asupan air atau minum, tubuh berespon dengan menampakkan kekeringan.

Bisa juga terlihat dari output tubuh kita yaitu dari warna air kencing. Semakin kuning pekat mengarah kecoklatan artinya tubuh kita dehidrasi. Pastikan mengganti kekurangan dengan cepat sebelum mengarah dehidrasi berat. Perbanyak minum dan rutinkan selalu minum air putih.

4. Kurang/ tidak makan sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah banyak mengandung air. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tubuh kita sangat memerlukan asupan banyak air. Air pun tidak hanya bisa didapatkan dari air putih saja. Tapi juga dari sayuran dan buah-buahan segar. Kandungan air di dalamnya alami, memang mengandung zat yang diperlukan tubuh yaitu vitamin. Vitamin yang paling berperan untuk kesehatan dan kesegaran kulit yaitu vitamin D dan E juga vitamin C. Kekurangan vitamin tersebut dapat menghambat proses regenerasi kulit dan membuat kulit tampak layu bahkan keriput. Maka dari itu, jagalah kesegaran kulit kita dengan cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Semoga Bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.