Berita Nasional Terpercaya

Genjot Danau Toba, Ini yang Harus Dituntaskan Badan Otoritas

0

Bernas.id – Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan mengharapkan agar proyek pembangunan kawasan Sibisa, Parapat, Sumatera Utara, segera dipercepat. 

Ada investor yang sudah siap menanamkan modalnya di proyek kawasan Sibisa, karenanya Badan Otoritas Danau Toba harus segera mengurus masalah perizinanya. Tahun ini, masalah lahan diminta segera dituntaskan.

?Diharapkan dalam tahun ini, masalah penggunaan lahan 605 hektare yang akan dikelola Badan Otorita dapat segera dituntaskan, terutama terkait dengan proses Amdal-nya. Harus dipercepat, karena sudah ada lima investor dari Singapura, Tiongkok, Jepang dan Korea yang bersedia membangun hotel, convention centre dan golf di sana,? terang Menko Luhut seperti ditulis Sabtu (7/10/17).

Diketahui, dari 605 hektare lahan tersebut, yang akan digunakan adalah 50 persen atau sekitar 300 hektare, selebihnya akan digunakan sebagai hutan. Sementara, untuk lahan kebun bunga hingga saat ini masih dalam proses, dan diharapkan awal tahun depan harus sudah selesai, dengan lokasi yang diharap tidak jauh dari Bandara Silangit

Baca Juga Dorong Pariwisata, Bandara Silangit Bertaraf Internasional

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan ruas tol Medan-Tebing Tinggi pada 10 Oktober 2017 mendatang. Bandara Silangit yang statusnya menjadi bandara Internasional ini mulai operasi pada 28 Oktober 2017 mendatang.

?Itu kalau untuk infrastruktur pendukung kawasan Otorita Danau Toba. Setelah jalan tol Medan-Tebing Tinggi, nanti akan kita lanjutkan hingga ke Parapat, begitu juga jalur kereta api juga kita harapkan dapat dibangun hingga Parapat. Saya harap seluruh stakeholder di Sumut kompak, sehingga berbagai proses dapat dijalankan dengan cepat,? terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.