Berita Nasional Terpercaya

Perencanaan Keuangan Itu Penting! Ini 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusun Perencanaan Keuangan

0

Bernas.id – Siapa sih yang tidak ingin memiliki masa depan yang lebih baik? So, pastilah semua punya keinginan yang sama, kan? Namun, timbul pertanyaan, apakah saya bisa? Kalau masih ragu, simpan dalam hati dulu ya. Tapi hati-hati, waktu terus berjalan, rugi sekali kalau kita hanya terus berpikir dan terlindas oleh sang waktu. Waktu itu tidak bisa diputar balik, kalau dia sudah lewat ya tidak akan bisa diputar mundur. Jadi, ada baiknya mulai saat ini kita lebih menghargai sang waktu.

Nah, bagi yang sudah yakin ?bisa' mari kita mulai bergerak untuk mencapai harapan yang sama. Menuju masa depan yang lebih baik dan bebas financial. Untuk mencapai itu semua, kita perlu mengetahui seluk beluk perencanaan keuangan. Karena dengan menyusun rencanalah kita akan dapat mencapai tujuan-tujuan financial yang kita harapkan.

Saat ini kita tahu, topik perencanaan keuangan sedang menjadi trend yang menarik. Sering kita lihat di televisi, dengar di radio-radio, baca di media cetak, bahkan seminar-seminar yang diselenggarakan oleh komunitas maupun perusahaan. Mengapa sampai begitu menariknya perencanaan keuangan ini? Mau tahu, atau mau tahu banget? Begini, perencanaan keuangan menjadi menarik karena menyentuh salah satu aspek kehidupan manusia, yaitu “keuangan“. Betul kan? siapa yang tidak tertarik dengan uang? So, semua pasti membutuhkan yang namanya uang, tentunya juga aspek kehidupan lainnya seperti kesehatan, spiritual, keluarga, karier dan lainnya.

Apa sebenarnya perencanaan keuangan itu? Mungkin, secara tidak sadar selama ini kita sudah melakukan perencanaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Mengatur biaya kebutuhan hidup, mengatur biaya sekolah anak, menyiapkan dana jalan-jalan, tanpa kita sadari hal seperti itu merupakan bagian dari perencanaan keuangan. Namun apakah sudah tepat dalam merencanakannya? Ini yang perlu kita tahu lebih dalam, apa dan bagaimana perencanaan keuangan itu.

Perencanaan keuangan bisa kita artikan sebagai suatu proses mencapai tujuan hidup dalam jangka waktu tertentu melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Ribet? Ya kalau hanya dibaca pasti ribet dan tidak akan pernah terealisasi, tapi kalau kita mulai bergerak dari sekarang, pasti ada perubahan. Seberapa besar perubahan itu, kembali lagi kepada diri kita tentunya. Ada ungkapan yang mengatakan : ?Pada saat saya mulai mengatur keuangan, saya akan memiliki uang dengan jumlah yang banyak?. Nah, jadi yang penting adalah memulainya, kemudian pasti ada hasilnya di kemudian hari.

Baiklah sekarang kita sedikit berpetualang untuk mengenal apa itu perencanaan keuangan, yuk kita jelajahi satu persatu :

1. Suatu Proses. Artinya untuk mencapai sesuatu, apalagi mencapai masa depan yang lebih baik tentunya BUKAN secara instan, tapi melalui sebuah PROSES.

2. Mencapai Tujuan Hidup. Disini kita dituntun untuk mengarahkan apa saja tujuan hidup kita, masa depan kita dan keluarga, serta keinginan-keinginan yang ingin kita capai. Tentunya berkaitan dengan financial kita.

3. Jangka Waktu Tertentu. Apakah untuk mencapai tujuan itu kita butuh dalam jangka yang pendek, jangka menengah atau bahkan jangka panjang? Nah, semua itu harus jelas dulu dalam perencanaan kita karena ini akan berkaitan dengan portofolio nantinya.

4. Pengelolaan Keuangan. Disini akan kita dapatkan bagaimana cara kita dalam mengelola penghasilan dan pengeluaran yang selama ini selalu mengikuti setiap langkah kehidupan kita. Bagaimana cara mengelolanya dengan benar, bagaimana cara membuat penghasilan kita bisa disisihkan untuk diinvestasikan, bagaimana agar tidak besar pasak dari pada tiang dan mengatasi hidup yang gali lubang tutup lubang.

5. Terintegrasi dan terencana. Disinilah kuncinya, kita harus melakukan semua itu dengan terintegrasi antara satu dan lainnya dan semua terencana dengan baik.

Dengan uraian tersebut, kita bisa merasakan dan melihat bahwa apabila kita mampu mengelola uang dengan baik dan benar, pasti akan ada perubahan dalam hidup kita. Baik itu untuk saat ini, besok ataupun masa depan. Ada kata-kata bijak dalam perencanaan keuangan yang mengatakan : ?Besar kecilnya pemasukan seseorang bukanlah hal yang paling terpenting, namun bagaimana dia mampu mengelolah keuangannya itulah yang paling penting?.

Leave A Reply

Your email address will not be published.