Berita Nasional Terpercaya

Public Speaking, Sebuah Life Skill yang Penting dalam Hidup

0

Bernas.id – Hilbram Dunar sangat meyakini bahwa public speaking merupakan sebuah life skill yang dibutuhkan dalam berbagai aktifitas. Dalam perjalanan hidupnya, ia pun telah membuktikan sendiri. Dari yang mulanya hanya sekedar hobi, kini bisa menjadi profesi atau pekerjaan yang melipatgandakan potensinya dan banyak memberinya pengalaman tak ternilai, misal bertemu Presiden RI, Joko Widodo.

Ya, berbicara di depan publik atau mikrofon untuk siaran radio memang sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya yang akan dijalaninya dengan ikhlas dan hati gembira. ?Ini adalah hobi yang Alhamdulillah menjadi profesi, presenter TV, Coffee Break TVOne, penyiar radio di KBR Pagi, pengajar public speaking, motivator, dan penulis buku, My Public Speaking, Main Hati dan Plastic Heaven,? ungkapnya ke Bernas (4/10).

?Dalam Komunikasi yang Tepat Ada Rejeki yang Hebat? menjadi motto untuk menjalani kesehariannya sebagai orang yang bekerja di bidang komunikasi. Untuk itu, sangat penting untuk memperbaiki kemampuan berkomunikasi kita sehingga kita akan segera bisa merasakan perubahan dalam hidup sehingga dapat menjadi lebih baik, dimengerti, dan dihargai. Baginya, tidak ada pengalaman istimewa menjadi titik balik baginya ketika berproses sehingga menjadi seperti sekarang ini. Namun, keluarga yang selalu mendukung dan memberikan kekuatan cinta penuh pengertian pun menjadi sosok-sosok yang berperan untuk meraih kesuksesan yang dicapainya saat ini. ?Tidak ada kejadian yang membuat saya berbalik. Semua kejadian saya jadikan jalan menuju ke atas. Untuk pengalaman unik di pekerjaan, bisa bertemu dengan berbagai macam karakter. Bahkan pernah mewawancarai beragam profesi, mulai dari prostitusi sampai Presiden RI,? tuturnya.

Dikatakannya, alasan terus menekuni bidang pekerjaannya sampai sekarang ini, penyiar ini menyebut keinginannya untuk berguna bagi orang lain. ?Keinginan berbagi dan bermanfaat untuk banyak orang lewat berbagai acara tv, radio, dan ilmu komunikasi serta motivasi yang saya miliki. Bidang ini pun penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat karena public speaking adalah life skill yang dibutuhkan dalam berbagai aktifitas. Dengan kemampuan public speaking yang baik, seseorang bisa melipatgandakan potensi dirinya. Kemampuan komunikasi yang benar ditambah motivasi diri yang tepat adalah cara untuk menjadi pribadi yang lebih hebat dan bermanfaat,? paparnya.

Untuk permasalahan yang paling sering dihadapi dalam pekerjaan, harus cepat beradaptasi menjadi hal yang harus disiasati dengan cepat. ?Sebagai seorang pembawa acara, saya harus bisa dengan cepat beradaptasi dengan berbagai acara yang dibawakan. Tidak jarang dalam satu hari saya membawakan acara untuk berbagai tipe audiens, mulai dari pejabat sampai remaja. Tantangannya adalah untuk bisa cepat mengubah gaya sesuai dengan audiens. Caranya dengan selalu melakukan riset, 5W 1H untuk mengetahui audiens dan acara yang saya bawakan. Untuk tantangan ke depannya, saya ingin menulis lebih banyak buku yang bermanfaat dan memberikan training Public Speaking dan Motivasi untuk lebih banyak orang,? bebernya.

Kerja cerdas, kerja keras, bersikap pantas, dan berhati ikhlas menjadi habit khusus yang dibangunnya selama ini untuk mendukung pekerjaannya. Ia pun tak memungkiri dengan banyaknya aktivitas pekerjaan sering membuatnya kurang bergairah untuk bekerja.  ?Untuk mengembalikan mood Anda agar kembali bersemangat bekerja, mengingat keluarga. Apapun yang saya lakukan, adalah untuk kebaikan keluarga. Merekalah yang selalu menjadi motivator saya setiap saat,? katanya.

Presenter TV ini memberikan inspirasi dan sarannya kepada orang lain yang membaca kisahnya ini. ?Hidup itu perjalanan. Arahnya sudah menjadi takdir, tapi jalannya adalah nasib yang kita tentukan sendiri. Jangan berhenti karena rintangan. Carilah jalan lain untuk menuju keberhasilan. Sukses itu ada dalam perjalanan bukan hasil akhir. Untuk saran, jangan berhenti belajar. Sukses dimiliki oleh orang-orang pintar yang mengisi keseharian dengan belajar dari berbagai sumber. Jadilah, ahli dalam apapun yang Anda inginkan dengan tahu lebih banyak, bisa lebih hebat, dan semangat lebih tinggi,? tukasnya.

Ketika ditanya tentang siapakah tokoh yang diidolakan atau yang membuat termotivasi, penulis ini menjawab tidak ada orang khusus. Baginya, semua orang hebat jadi idola dan guru saya. Untuk lingkungan memengaruhi dirinya hingga menjadi seperti sekarang, ia menyebut lingkungan yang medioker membuatnya harus berusaha lebih keras untuk bisa mencapai sukses karena lawannya hebat adalah bagus, bukan buruk. ?Untuk pencapaian yang membanggakan, ketika buku My Public Speaking menjadi Bestseller! Saya merasa senang sekali buku itu bisa membantu banyak orang meraih mimpi jadi pembicara publik,? ucapnya.

Dalam bukunya, My Public Speaking, selain membahas teknik komunikasi, melatih kreativitas dan body language, Hilbram juga menulis serunya kehidupan dunia hiburan yang seperti roller coaster. Mulai dari rating yang seperti raja, egoisme yang mengorbankan persahabatan, sampai pentingnya fans yang menjadi teman dan selalu mendukung saat susah ataupun senang.

Pemilik cita-cita menjadi rock star saat masih kecil ini membocorkan project dalam waktu dekat dan impiannya ke depan. ?Untuk project, menerbitkan buku tentang motivasi (sudah dalam tahap cetak), dan untuk impian terbesar ke depannya, menjadikan Indonesia jago bicara,? pungkasnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.