Berita Nasional Terpercaya

Perhatikan 3 Hal ini, Agar Tidak Jatuh di Perlintasan Kereta Api Saat Hujan !

0

Bernas.id – Di era dewasa ini sepeda motor bukan lagi menjadi barang mewah. Hampir setiap rumah pasti memiliki sepeda motor, apalagi di kota-kota besar. Berbeda dengan zaman dahulu, sepeda motor masih jarang dijumpai. Sepeda motor memberikan peranan tersendiri dalam mempersingkat waktu perjalanan. Kemudian dengan sepeda motor penggunannya juga dapat lebih hemar waktu ketimbang harus bepergian dengan kendaraan umum.

Tak ayal, sepeda motor pun menjadi kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, sepeda motor juga dianggap kendaraan kelas menengah, tidak terlalu tradisional seperti sepeda dan tidak terlalu mahal seperti mobil. Lalu harganya pun cukup ramah di kantong rata-rata masyarakat Indonesia pada umumnya. Terlebih lagi dengan maraknya penawaran kredit sepeda motor oleh dealer sepeda motor yang semakin memudahkan peminat sepeda motor guna memiliki kendaraan roda dua ini.

Karena itu, jumlah sepeda motor di Indonesia pun terbilang meningkat secara drastis. Sebab, penggunannya tidak hanya orang yang memiliki kantong tebal saja layaknya mobil. Mereka yang berpenghasilan cukup pun juga mampu mendapatkan sepeda motor, seperti sudah dijelaskan tadi karena sudah mudah untuk memperolehnya seperti melalu sistem kredit.

Namun, kelebihan dan pentingnya sebuah sepeda motor bukan berarti tidak mengandung bahaya. Kita yang mengendarai sepeda motor, tentu harus dihadapkan dengan resiko-resiko yang ada. Ibaratnya, orang jalan saja bisa tertabrak apalagi menaiki sepeda motor yang banyak resiko serta juga banyak pengendara lain yang ada di jalan.

Baca juga Waspada ! Berikut Komponen Sepeda Motor Bekas yang Rawan ?Dikanibali?

Salah satu resiko berkendara sepeda motor yakni juga saat hujan mengguyur, karena tentu akan menyebabkan jalan menjadi licin, belum lagi jika melewati perlintasan kereta api, banyak yang terjatuh karena belum mengetahui bagaimana melewati perlintasan kereta api yang licin karena hujan.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya tidak jatuh di perlintasan kereta api ketika hujan. Perlintasan kereta api terkenal sebagai musuh pengendera sepeda motor saat hujan. Sebab, banyak dari mereka yang jatuh saat melindas rel kereta yang menjadi licin akibat hujan. Butuh trik khusus guna mensiasati kondisi tersebut supaya kamu tidak terjatuh ketika melintasi rel kereta api.

Ini dia beberapa hal yang wajib diperhatikan biar kamu tidak jatuh saat melintasi rel kereta api dikala hujan :

1. Jangan Jalan Menyerong

Merupakan salah satu petaka, jika saat melintasi rel yang basah dan licin dengan jalan menyerong. Sebab dengan mengambil jalan menyerong ban jadi tidak bertumpu sempurna ke rel.

Akibatnya, ban akan lebih mudah kehilangan cengkraman dan tergelincir. Maka dari itu usahakan untuk mengambil jalur lurus dengan rel supaya motor tetap stabil.

2. Turunkan Kecepatan

Kecepatan motor pun menjadi kunci kesuksesan ketika melintasi rel kereta api. Usahakan kecepatan motor di bawah 20 km/jam.

Pasalnya, umumnya permukaan rel dan aspal tidak rata yang membuat bahaya jika dilibas dengan kecepatan tinggi. selain terpeleset, pengendara juga bisa terpental bila terjadi pantulan.

3. Jangan Rem Mendadak

Ketika menurunkan kecepatan juga harus hati-hati dalam melakukan pengereman. Jangan lakukan pengereman dengan mendadak.

Baca juga Menghirup Freon Ketika Terjadi Kebocoran AC Mobil? Ini 4 Bahaya dan Solusinya!

Karena, dengan permukaan jalan yang licin rem mendadak akan memperbesar resiko slip pada ban. Gunakan pula rem depan dan belakang secara bersamaan supaya proses deselerasi lebih stabil.

Nah, gimana guys sekarang sudah paham kan? Yang penting ingat 3 hal diatas ini supaya kamu tidak terpelest bahkan jatuh ketika melewati perlintasan kereta api yang licin  diguyur hujan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.