Berita Nasional Terpercaya

Persiapan Studi Master ke Luar Negeri, Apa Sajakah? Nomor 7 Sering Diremehkan

0

Bernas.id – Di zaman globalisasi seperti saat ini, pilihan untuk melanjutkan studi ke luar negeri adalah suatu hal yang sangat menggiurkan. Setelah menyelesaikan studi sarjana, banyak orang berpikir untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan magister di luar negeri. Bisa bersaing dengan para pelajar dari belahan negara lain tentu akan sangat menantang. Bisa meraup ilmu dari universitas ternama di dunia sambil menikmati suasana baru di negara tersebut tentu akan sangat menyenangkan. Tapi apakah mudah untuk bisa menembus seleksi di universitas tersebut? Jawabannya bisa mudah atau tidak. Tergantung pada persiapan Anda untuk berusaha menerobos persaingan global tersebut.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui untuk persiapan studi magister Anda di luar negeri.

LoA itu apa ya?

LoA atau Letter of Acceptance adalah semacam surat resmi yang menyatakan kalau Anda sudah lulus kualifikasi universitas dan bisa melakukan pendaftaran masuk. Kalau LoA sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal membayar biaya kuliah. Bisa dengan biaya pribadi atau dengan mencari beasiswa. Ada beberapa universitas yang langsung menawarkan beasiswa di program studinya. Itu akan tergantung pada program studi dan universitas yang dipilih.

Baca juga: Inilah 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

 

Apa aja persiapan kuliah di luar negeri?

Setiap program studi dan universitas akan memiliki persyaratan yang berbeda dalam menjaring mahasiswanya. Semuanya bisa dilihat di situs resmi universitas. Namun, berikut adalah persyaratan umum yang harus disiapkan jika ingin mendaftar ke universitas luar negeri:

1. Syarat kemampuan bahasa Inggris

Umumnya yang diminta adalah TOEFL atau IELTS. Ada universitas yang khusus mensyaratkan TOEFL iBT (Internet Based test) atau TOEFL PBT (Paper Based Test), ada juga yang minta IELTS. Di Belanda contohnya yang berlaku untuk setara universitas biasanya TOEFL iBT dan IELTS. Score yang diminta pun berbeda-beda per fakultas dan universitas. Umumnya untuk IELTS score yang diminta di atas 6.5 atau 7. Sementara TOEFL iBT di atas 90.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

2. Recommendation Letter

Surat rekomendasi yang ditulis dari dosen atau atasan. Isinya antara lain adalah jabaran mengenai kita selama bergaul dan bekerja dengan si pemberi rekomendasi. Juga dukungan pada tujuan kita untuk melanjutkan studi.

3. Motivation letter

Yaitu semacam dokumen yang kita buat sendiri menjabarkan motivasi studi kita. Di dalamnya juga bisa termasuk latar belakang singkat pendidikan kita, riset yang pernah kita lakukan sebelumnya, alasan mengapa kita mau mau melanjutkan S2 di universitas dan negara tersebut, korelasi antara bidang pekerjaan dan latar belakang pendidikan dengan jurusan yang dipilih, dan lainnya. Motivation letter ini juga kadang disebut sebagai Statement of Purpose.

4. Ijazah dan transkrip SMA maupun sarjana

Jangan lupa ijazah dan transkrip ini harus yang versi bahasa Inggris. Biasanya beberapa universitas menyediakan dua versi, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika tidak punya versi bahasa Inggrisnya, maka dokumen tersebut harus diterjemahkan dulu ke penerjemah tersumpah

Baca juga: Inilah 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

5. Curriculum Vitae

Formatnya akan tergantung yang diminta dari universitas. Tapi biasanya berisi biodata singkat, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, prestasi, publikasi, kegiatan organisasi, dan lainnya.

6. Research Plan

Sebenarnya tidak semua universitas mensyaratkan hal ini. Tapi akan lebih baik jika kita sudah memiliki gambaran akan melakukan penelitian apa dan rencananya bagaimana. Tentu akan menjadi nilai tambah untuk kita

7. Paspor

Tentunya seseorang yang ingin kuliah di luar negeri sudah harus memiliki paspor dong. Jangan membuatnya secara mendadak, persiapkanlah jauh-jauh hari.

8. Pasfoto

Jangan lupa siapkan foto diri Anda secara formal.

Demikian beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan jika ingin melamar ke universitas di luar negeri. Akan sangat baik jika Anda sudah melengkapi semuanya sebelum Anda melakukan pendaftaran, jadi Anda tidak perlu bolak-balik melengkapi dokumen tersebut. Jika semua persyaratan sudah dilengkapi dengan baik dan benar, banyak-banyaklah berdoa, semoga aplikasi Anda tembus. Selamat mencoba!

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.