Berita Nasional Terpercaya

Mantap, Roket Buatan Elon Musk Bisa Putari Bumi Gak Sampai 1 Jam

0

Bernas.id ? Di sela-sela ajang International Astronautical Congress 2017 yang ada di Adelaide belum lama ini, pemilik dan CEO Space X Elon Musk membocorkan rencana beberapa program yang berhubungan dengan teknologi roket yang saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan aeronautika yang berasal dari Amerika Serikat tersebut.

Dilansir dari Gizmodo, Space X sedang disibukkan dengan perakitan roket paling baru dengan ukuran 10 kali lebih besar dibandingkan satelit Hubble. Tetapi hingga sekarang, kode ataupun penamaan dari roket ini masih dijaga kerahasiaannya.

Jika mengikuti rencana yang ada, roket baru buatan Elon Musk tersebut akan dipakai sebagai alat transpotasi untuk menjelajah ruang angkasa, mempunyai stasiun yang ada di bulan serta mengerjakan perjalanan ke Mars supaya dapat menemukan sumber air dan pastinya membuat stasiun pengisian bahan bakar roket yang rencananya menjadi planet yang bakal menjadi ?rumah? baru bagi umat manusia.

Di samping itu, untuk bisa mengerjakan tugas yang ada di luar angkasa, roket ini pun rencananya akan dipakai untuk dapat mengantarkan manusia yang ada di seluruh penjuru dunia dapat lebih cepat dibandingkan roket yang selama ini.

Musk bahkan mempresikdi jika roket buatannya dapat mengantarkan manusia dari satu benua ke benua yang lain hanya dalam waktu tak lebih dari 1 jam saja. Jadi bisa dikatakan bila roket yang satu ini dapat melesat dengan super cepat. Roket yang dipakai oleh SpaceX untuk dapat melakukan tugas ini ialah BFR dimana bentuknya sangat mirip dengan roket Falcon yang bentuknya seperti sebuah kapsul.

Lalu, bagaimanakah cra kerja roket tersebut? SpaceX dan Musk masih enggan untuk memberikan penjelasan secara terperinci tentang cara kerja dari roket itu. Tetapi sebelumnya, Musk sudah sempat memberikan postingan video yang memberikan representasi atau gambaran tentang roket itu melalui akun Instagram resmi yang dimilikinya.

Jika dilihat dari video yang diunggah oleh Musk, sebelum mengerjakan proses peluncuran, maka penumpang akan dapat diangkut dari pelabuhan untuk dapat menuju lokasi peluncuran dengan memakai sebuah kapal. Kemudian penumpang masuk ke dalam sebuah roket dan nantinya roket tersebut akan dapat melintasi bumi yang mempunyai kecepatan super yakni 27.000 km/jam.

Setelah sampai di lokasi tujuan, roket pun akan turun dengan posisi vertical. Nantinya kepala roket ada di bagian atas. Dalam video tersebut, Space X memperlihatkan laporan estimasi waktu yang dibutuhkan oleh roket itu untuk bisa melejit.

Sebagai contohnya, jika terdapat penumpang dari New York menuju Shanghai maka jika memakai roket ini hanya memerlukan waktu hanya 39 menit. Sedangkan jika dari Hongkong menuju Singapura hanya membutuhkan waktu 22 menit saja dan dari Bangkok menuju Dumai dapat ditempuh hanya dalam aktu 27 menit saja.

Namun hal tersebut langsung menimbulkan pertanyaan besar dalam kepala kita. Jika kita hendak menggunakan roket tersebut, berapakah biaya yang diperlukan untuk bisa memakainya sebagai alat transportasi?

Pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk dapat membuat peluncuran roket tersebut menjadi kenyataan. Tak sedikit para ahli yang memperkirakan jika hal tersebut akan menghabiskan biaya hingga puluhan juta dollar.

Walaupun begitu, bila hal tersebut memang benar-benar terjadi maka rojet buatan Space X akan dapat menjadi alat transportasi yang paling cepat namun juga paling mahal. Namun apakah pembaca bernas.id tertarik untuk dapat menikmati kecepatan roket tersebut?

Leave A Reply

Your email address will not be published.