Berita Nasional Terpercaya

Kearifan Lokal di Kabupaten Kudus

0

Bernas.id – Berkunjung ke Kudus, jangan lupa mengunjungi ikon dari kota ini yaitu masjid Menara Kudus. Masjid yang konon katanya adalah alkulturasi budaya antara Isam, Jawa dan Hindu ini menyimpan banyak keunikan dari sisi bangunannya sehingga terlihat berbeda dengan masjid lainnya.

Dulu, masjid ini dinamakan masjid Al Manar (nama resminya adalah masjid Al Aqsa Manarat Qudus) merupakan pusat dakwah Sunan Kudus.

Masjid ini berlokasi di Desa Kauman, Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Dibangun pada 19 Rajab 956 Hijriyah atau sekitar 1549. Namanya juga dikenal dengan nama masjid Al Aqsa diambil dari nama masjid di Kota Yerusalem.

Konon katanya Walisongo juga telah meletakkan batu dari Baitul Maqdis (Yerusalem) di masjid ini sebagai kenang-kenangan. Sekarang masjid ini populer dengan sebutan masjid Menara Kudus. Dikarenakan kuatnya corak Hindu dan Jawa pada bangunannya.

Pada sisi lain ada menara setinggi 18 meter dengan luas 100 meter. Kaki menaranya seperti Candi Jago di Malang, Jawa Timur. Digunakan untuk mengumandangkan adzan, karena zaman dahulu belum ada pengeras suara. Selain itu gapura dan pagar temboknya terlihat sarat akan budaya.

Sekarang ada masjid berkubah di belakang Menara Kudus. Ini memang untuk melengkapi arsitekturnya. Dibuat agar dapat menggambarkan bahwa masjid ini terbuka untuk umum. 

Di Masjid terdapat makam Syekh Ja?far Shodiq atau Sunan Kudus yang berada dibagian belakang kompleks masjid Menara Kudus. Banyak peziarah yang datang ke sini. Makam ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-15.

Masjid kudus Ini juga melambangkan bahwa islam adalah bagian dari peradaban Kudus dan Walisongo Sunan Kudus memang terkenal sebagai penjaga syariat Islam. Bukan hanya itu, Sunan Kudus juga menghormati selain dari agama Islam, sehingga adanya pelarangan untuk memotong sapi di daerah Kudus, diganti dengan kerbau.

Dapat dilihat, dari zaman dahulu memang warga Kudus adalah masyarakat yang sangat bertoleransi dalam bermasyarakat. Inilah yang harus dirawat oleh bangsa Indonesia adalah keberagaman dan saling menghormati. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.