Berita Nasional Terpercaya

Menakjubkan! Sebelum Jadi CEO Google, Inilah Kehidupan Sundar Pichai yang Sesungguhnya!

0

Bernas.id ? Inspirasi bisa hadir dari mana saja. Bukan hanya dari orang-orang di sekitar kamu, namun dari berbagai tokoh-tokoh penting di dunia, inspirasi kerap hadir. Kemiskinan bukan menjadi halangan untuk sukses dan untuk mengejar impian. Bisa kamu lihat betapa banyaknya orang sukses yang hidupnya berawal dari kemiskinan dan mereka yang bersungguh-sungguh dalam mewujudkannya.

Kehidupan tokoh-tokoh penting di dunia memang selalu banyak menyimpan sisi menarik untuk dijadikan pelajaran hidup.Misalnya, Sundar Pichai tadinya terlahir sebagai bocah miskin di kawasan kumuh negara India. Tetapi, kini orang-orang mengenalnya sebagai CEO (Chief Executive Officer) di perusahaan raksasa Google. Perusahaan mesin pencarian internet nomor satu itu sekarang dipimpin oleh orang India yang sudah merasakan pahit getirnya hidup dalam garis kemiskinan. Kisah Sundar Pichai ini banyak menginspirasi orang dari seluruh dunia.

Mau tahu kehidupan Sundar Pichai sebelum jadi CEO Google? Simak jawabannya berikut ini:

1. Lahir di Kawasan Miskin Selatan Kota Chenai, Negara India

Sundar Pichal, bos raksasa perusahaan mesin pencarian ternama dunia, dahulu lahir di sebuah kawasan miskin di selatan kota Chenai, India, pada tanggal 12 Juli tahun 1972. Di tempat inilah Sundar Pichai bersama keluarganya tinggal dan menikmati hidupnya. Mereka merasa selalu cukup meskipun pada kenyataannya penuh kekurangan dan hidup dalam kemiskinan.

2. Dibesarkan di Apartemen dengan Kondisi yang Sangat Sederhana

Sundar Pichai, sewaktu kecil dibesarkan di apartemen dua kamar oleh kedua orangtuanya bersama adik lelakinya. Kondisi apartemennya pun sangat sederhana. Jangankan peralatan elektronik seperti TV atau kendaraan seperti mobil, Sundar tidak punya semua itu. Sehari-harinya dia hanya tidur di ruang tamu bersama adiknya.

3. Ayah Sundar Pichal Hanya Pegawai Biasa

Meskipun dewasa ini Sundar Pichai hidup dalam kondisi yang serba mewah karena jabatannya sebagai CEO Google, namun dulu ayahnya hanya seorang pegawai biasa di sebuah perusahaan General Electric Company dengan kondisi gaji yang boleh dibilang sangat kecil sekali saat itu.

4. Merupakan Siswa Paling Pintar di Sekolahnya

Sundar Pichai adalah lulusan S1 Teknik Metalurgi dari Indian Institute of Technology di Kharagpur (IIT Kharagpur). Menurut salah satu tutor dan senior Sundar yang dikutip oleh Times of India, Pichai adalah siswa paling cemerlang di angkatannya. Di samping memiliki kepintaran, Sundar Pichai juga mempunyai pribadi yang kalem, pendiam, pemalu, dan sangat disukai banyak orang. Karena kepintarannya itulah Sundar Pichai menerima beasiswa S2 dari Stanford University untuk jurusan Material Sciences and Engineering. Setelahnya, Sundar lanjut mengambil gelar MBA dari Wharton School of the University of Pennsylvania.

5. Jabatan Awal di Google adalah Sebagai Junior Program Manager & Product Manager

Sebelum menjadi CEO Google seperti sekarang ini, Sundar Pichai memegang jabatan awal sebagai Junior Program Managet & Product Manager pada tahun 2004, yang saat itu dibawah pimpinan Marissa Mayer. Kemudian, tahun 2009 diangkat menjadi Vice President of Product Management & Innovation seiring dengan suksesnya aplikasi Google Chrome. Apakah kamu tahu sebelum benar-benar resmi menjadi CEO Google, Sundar Pichai adalah seorang ?tangan kanan? dari salah satu penemu Google yakni, Larry Page.

Dari perjalanan hidup Sundar Pichai, banyak sekali pelajaran hidup yang dapat diambil. Penunjukan Sundar Pichai menjadi CEO Google ini tentunya juga memberi semangat baru untuk anak-anak muda India, bahkan untuk anak-anak muda di seluruh dunia untuk terus bekerja keras dan berani bermimpi. Sundar membuktikan bahwa kesuksesan, bahkan di luar negara asal, enggak kenal latar belakang dan ras.

Jadi, yuk tetap semangat berkarya untuk para anak muda dalam menggapai cita-cita, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.