Berita Nasional Terpercaya

Kunjungi Karimun Jawa, Gubernur Jawa Tengah Tak Dikenali Warganya

0

JEPARA, HarianBernas.com – Kunjungan dilakukan oleh Ganjar Prabowo selaku Gubernur Jawa Tengah ke Pulau Karimun Jawa. Lucunya, tidak ada warga setempat yang mengenal sosok seorang Ganjar Prabowo.

“Ini tadi masyarakatnya kok tak kenal saya ya, agak aneh,” curhat Ganjar, seusai mengunjungi Pasar Karimunjawa Kabupaten Jepara, Sabtu (2/1).

Suara sayup-sayup ocehan ibu-ibu terdengar di telinga Ganjar, namun tidak ada satupun yang berani datang mendekati. Ketika kunjungan, Ganjar mengajak bicara para pedagang, pembeli dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

Walaupun sudah menjadi Gubernur selama dua tahun, tidak ada orang yang mengenalnya. Padahal, beliau dikenal dengan orang nomor satu di Jawa Tengah.

Walaupun ia merupakan orang nomor satu di jawa tengah, ketika melakukan kunjungan ini, Ganjar hanya menggunakan kaos merah, celana panjang, bersepatu dan bertopi. Sebelumnya, ia sempat berkeliling jalanan di Karimun Jawa untuk jalan sehat.

Ganjar akhirnya membeli ikan kering dari penjual di sana. Bahkan ketika ia membeli ikan kering, penjual tersebut juga tidak mengenalnya. Baru setelah ia keluar dari pasar, ia dikenali oleh warga.

Budaya unik di Karimun jawa menjadi topik pembicaraan Ganjar dengan masyarakat. Sebagian besar masyarakat akan meninggalkan kunci motor di motornya, alias tidak dicabut dan dibawa bersama dengan si pengendara. Ganjar berfoto dengan beberapa masyarakat yang mengenalnya.

“Jadi benar ya. Kunci motornya ditinggal. Kalau di Semarang ini (kunci ditinggal) langsung dicuri,” canda Ganjar. Ganjar melakukan kunjungan tidak sendirian, ia didampingi oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuki dan Camat Karimun Jawa

Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau karimun jawa, diharapkan perekonomian rakyat bisa semakin maju. Diharapkan agar pusat ekonomi dan sirkulasi uang menjadi lancar dengan adanya pasar rakyat di karimun jawa.

“Pasar itu tadi pusat ekonomi baru. Saya dengar, ketika kapal Cruise mampir, mereka langsung serobot habis,” ujar Ganjar

“Artinya kalau ada dukungan, misalnya kita tahu jadwalnya, bisa disiapkan pasokan yang diperlukan. Kalau itu terjadi, siklus ekonomi bisa meningkat, pertumbuhan bisa diprediksi,” imbuhnya.

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.