Berita Nasional Terpercaya

Meski Sepele, Ternyata Aktivitas Ini Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa Kita!

0

Bernas.id ? Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Baik sehat fisik maupun jiwanya. Sehat fisik bisa kita peroleh dengan gemar berolahraga, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan lain-lain. Sedangkan sehat jiwanya, bisa kita dapatkan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, selalu berpikir positif, melakukan kebaikan, dan lain-lain.

Namun ternyata, ada satu aktivitas yang tak hanya menyehatkan fisik saja, tetapi juga menyehatkan jiwa kita. Mau tahu? Aktivitas itu ialah berkebun atau bercocok tanam. Dengan berkebun, kita dapat mendulang banyak manfaat yang menyehatkan tubuh kita. Ketika kita melakukan aktivitas tersebut, maka di saat itulah tubuh sedang melakukan pembakaran kalori. Menurut Center for Disease Control and Prevention, kalori yang terbakar mencapai 330 kalori dalam satu jam. Terbakarnya kalori dengan jumlah segitu cocok untuk para ladies yang ingin menurutkan berat badannya. Tak perlu berolahraga keras dan juga minum obat pelangsing badan, bukan?

Bukan cuma itu saja. Dengan banyak bergerak saat melakukan aktivitas ini, maka dapat membuat tubuh kita lebih bugar dan melancarkan peredaran darah, sehingga dapat menghindarkan diri dari penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan diabetes. Bagi seseorang yang lebih sering terkena stres dan bosan, maka berkebun menjadi ramuan jitu untuk menghilangkan keduanya. Karena saat berkebun, kita juga sedang melakukan interaksi dengan alam. Biasanya, kalau kita kembali kepada hal-hal yang berbau alami, maka pikiran kita lebih segar dan tenang.

Berkebun juga dapat memacu produksi hormon endorfin, yaitu senyawa kimia yang dapat membuat kita merasa bahagia. Lebih membahagiakan lagi, kita dapat memperoleh keuntungan materi dengan menjual hasil perkebunan saat panen nanti. 

Sumber : https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/manfaat-berkebun-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.