Berita Nasional Terpercaya

Terapi Menulis Flow Ala Pannebaker Terbukti Ampuh Meredam Stres

0

Bernas.id – Menulis, bagi sebagian orang adalah suatu hal yang sulit. Karena orang tersebut belum terbiasa melakukan kegiatan menulis. Sebenarnya kegiatan menulis adalah kegiatan yang begitu menyenangkan, kenapa? Karena dari menulis kita bisa menyalurkan informasi yang kita dapatkan dari hasil bacaan kita. Tidak setiap orang bisa menjadi seorang penulis yang baik, karena ada tahapan-tahapan tertentu yang dilakukan untuk melakukan kegiatan menulis. Tapi di balik itu, ada satu cara yang ditawarkan oleh Dr. James W. Pannebaker yang dapat kita lakukan untuk menulis pada tahap awal.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Kegiatan menulis tersebut diberi nama menulis flow ala Pannebaker. Menulis flow adalah kegiatan mengalirkan segala informasi yang terdapat dalam pikiran tanpa memperhatikan kaidah-kaidah penulisan. Alasan pertama Dr. James yang merupakan seorang psikolog, melakukan kegiatan menulis flow adalah untuk mengeluarkan seseorang dari belenggu pikirannya sendiri.

Pada saat orang terkena masalah dan merasa informasi yang ditampungnya begitu banyak, serta membuat sesak dalam otak. Maka dengan menulis flow tersebut dapat membuat otak menjadi fresh dan lega. Selain itu, juga menulis flow dapat menjadi salah satu cara untuk membiasakan menulis yang efektif, karena tidak adanya tuntutan untuk memperhatikan terlebih dahulu isi dan kaidah penulisan. Cukup dengan flow (mengalir), semua informasi yang diterima disalurkan kembali dalam media tulisan. Dengan cara tersebut, tidak ada alasan untuk tidak berlatih menulis. Dan dijamin menulis itu akan sangat menyenangkan setelah mengaplikasikan cara tersebut.

Baca juga: 

Leave A Reply

Your email address will not be published.