Berita Nasional Terpercaya

Waspada! Sindrom Ini Mengintai Para Mamah Muda

0

Bernas.id – Pernahkan Anda mendengar atau melihat seorang ibu depresi pasca melahirkan atau bahkan anda sendiri pernah mengalaminya? Jika iya maka itulah yang disebut dengan baby blues syndrome. Baby blues syndrome atau dikenal juga dengan istilah Postpartum Distress Syndrome adalah sebuah keadaan yang muncul seperti perasaan gundah, sedih dan khawatir pasca melahirkan. Keadaan seperti ini umumnya akan berlangsung selama 14 hari pertama pasca melahirkan.

Akan tetapi jika hal ini berlangsung lebih dari 14 hari, maka harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Karena jika kondisi seperti ini dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi ibu dan keluarga nya. Terutama bayi yang baru dilahirkannya. Karena ibu yang mengalami baby blues syndrome emosinya tidak stabil dan cenderung mudah marah dan bingung. Kondisi ini sangat tidak baik bagi bayi yang baru dilahirkannya. Karena dalam merawat bayi kita membutuhkan tenaga ekstra, apalagi dalam 40 hari pertama bayi dilahirkan terkadang bayi cenderung rewel.

Nah, kalau bayinya rewel dan si ibu emosinya tidak stabil maka hal ini berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan juga bayinya karena biasanya seorang ibu yang mengalami sindrom ini cenderung seperti orang stres. Meskipun belum jelas apa penyebab pasti munculnya baby blues syndrome, namun perubahan hormonal yang terjadi pada wanita pada saat hamil hingga melahirkan disinyalir sebagai penyebab dari munculnya gejala baby blues syndrome.

Agar kita para 'mahmud' (mamah muda) dapat terhindar dari baby bluse syndrome ini maka tidak ada salahnya mencoba melakukan hal-hal berikut ini yang biasa disingkat P-M-I. 

P : Persiapkan mental dan pengetahuan

Sebelum memutuskan untuk mempunyai buah hati maka pasutri (pasangan suami istri) perlu mempersiapkan mental secara matang. Apakah benar-benar siap memiliki anak dengan segala resiko yang kelak akan di hadapi nya. Jika mental sudah benar-benar siap maka hal yang perlu dipersiapkan lagi ialah pengetahuan. Jika kita telah memiliki pengetahuan tentang cara merawat bayi yang baik dan benar maka kita tidak akan mudah stres dan panik ketika merawat bayi kita nantinya.

M : Membutuhkan support dan dukungan dari keluarga terutama dari suami   

Dukungan dari suami dan seluruh keluarga sangat dibutuhkan oleh seorang istri. Apa lagi setelah berjuang selama 9 bulan dan proses kelahiran yang terkadang membuat kondisi psikis ibu tidak menentu. Maka support dari suamilah yang diperlukan sang istri. Kerja sama antara suami dan istri dalam merawat bayinya sangat dibutuhkan oleh sang istri. Selain itu perhatian dan kepedulian suami juga sangat diperlukan agar kondisi hati sang istri senang.

I : Ibadah kepada Sang Maha Pencipta ditingkatkan.  

Hadirnya buah hati jangan membuat kita justru jauh dari Sang Khalik. Justru ibadah kita harus lebih baik lagi. Sebagai rasa syukur kita karena Allah SWT telah memercayai kita untuk merawat bayi yang mungil dan lucu. Karena tidak semua orang bisa menjadi orang tua. Ada banyak pasangan suami istri di luar sana yang sangat ingin punya anak akan tetapi mereka belum mendapatkannya. Untuk itu perbanyaklah bersyukur atas anugerah terindah ini.

Semoga kita para mamah muda dapat terhindar dari baby blues syndrome. Semoga kita selalu bahagia dalam merawat buah hati kita. Dan semoga para suami pun berusaha untuk membuat istrinya bahagia. Karena ibu yang bahagia adalah aset anak anak untuk bahagia. Dengan memraktekkan PMI, Maka baby blues syndrome tidak akan menghampiri Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.