Berita Nasional Terpercaya

Beraksi Lagi, Menteri Susi Bakal Tenggelamkan 90 Kapal Pencuri Ikan

0

JAKARTA, Bernas.id ? Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menggelamkan 90 kapal asing atau pencuri ikan di lautan Indonesia. Selama tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo ? Wapres Jusuf Kalla, Susi sudah menenggalamkan 317 kapal pelaku Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing.

“(kapal pencuri ikan) yang siap ditenggelamkan ada 90-an,” ungkap Menteri Susi, di rumah dinas kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/17).

Penenggelaman kapal ini merupakan cara pemerintah untuk memberantas IUU Fishing. Kapal-kapal asing menggerogoti kekayaan laut Indonesia. Sejak Susi bekerja sebagai menteri, hasil nelayan meningkat. Kebijakan menenggelamkan kapal ini sesuai dengan amanat Undang-undang 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

Baca Juga Menteri Susi Minta Pesawat Khusus Angkut Ikan Segar, Ini Alasan Mendesaknya

Kapal-kapal yang ditenggelamkan berasal dari berbagi negara, mulai dari China, Vietnam, Filipina, hingga Malaysia. Menteri Susi akan menjadi komandan penggelaman kapal di berbagai daerah di Indonesia. Menurut Susi, hasil penenggelaman kapal tersebut membuat stok ikan meningkat 100 persen. Selain itu, nilai tukar nelayan juga meningkat, karena ikan dapat dicari dan didapat dari mana saja.

Baca Juga Menteri Susi Tenggelamkan 317 Kapal Asing, Masih Ada 700 yang Bakal Digiring Pulang

Impor ikan Indonesia pun berkurang hingga 70 persen karena hasil tangkapan nelayan sendiri terus bertambah banyak. Namun, ada 10 pabrik ikan yang ditutup oleh Susi karena berafiliasi dengan kapal asing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.