Berita Nasional Terpercaya

Sukses Itu Dimulai Dari Diri Kita Sendiri, Seperti Kata Mark Zuckerberg

0

Bernas.id – Mark Zuckerberg sangat mempengaruhi perubahan komunikasi dunia setelah mendirikan Facebook pada tahun 2004. Facebook tak hanya mengubah cara orang berkomunikasi, tetapi juga membuat pendirinya menjadi milioner. Bagaimana caranya jika ingin sukses seperti sosok Mark Zuckerberg? Berikut ulasannya:

1. Berani Bermimpi

Facebook didirikan bukan secara tidak sengaja. Zuckerberg merancangnya mulai dari mimpi, kemudian ia memberanikan diri untuk mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. “Kami membangun sesuatu yang kami pikir bagus. Kami ingin membantu orang berbagi foto, video, dan berkomunikasi online jarak jauh,” ujar Mark.

2. Berpikir Besar

Meski awalnya hanya tugas kampus, Zuckerberg, berpikir bahwa dengan Facebook cara berkomunikasi orang akan lebih mudah. “Dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia lebih transparan,” ujar Mark lagi.

3. Jangan Mudah Menyerah

Zuckerberg memulai Facebook dengan impian website itu akan menjadi sosial media dunia. Padahal, saat itu sudah ada raksasa yang menguasai dunia internet yaitu Google. Namun selalu ada jalan harapan untuk para petarung sejati, model baru, atau peluang baru yang belum dikerjakan pihak lain.

Karena itu tak perlu takut memulai hal yang baru dan bersaing menghadapi raksasa. Selama Anda yakin apa yang Anda lakukan adalah sesuatu hal baru dan potensial menjadi raksasa, tak perlu takut memulainya.

4. Optimistis

Berbekal pengetahuan dan kemampuan, tentu akan mempermudah kita dalam menjalankan sebuah bisnis. Keyakinan pada kemampuan diri sendiri menjadi modal utama.

“Saya memulai belajar website ketika masih 19 tahun. Saya awam tak tahu apa-apa soal bisnis. Tetapi kunci simpelnya adalah, jika kita memulainya dari sesuatu yang lebih mudah, kita pasti bisa membuat suatu progresss (kemajuan) menjadi lebih mudah,” katanya.

5. Tekun dan Fokus

Tekun dan fokus pada mimpi Anda. Jangan mudah menyerah, karena tak ada sukses yang didapat dengan instan, termasuk juga yang dialami Zuckerberg dalam membangun Facebook.

“Orang berpikir bahwa kami membangunnya seperti fiksi. Padahal kami harus bekerja keras untuk membangun Facebook kami membutuhkan waktu selama 6 Tahun.”

6. Mulai dari Hal Kecil

Saat di zaman teknologi yang sudah canggih seperti saat ini, maka tidak perlu menunggu modal besar untuk memulai sebuah bisnis. Bisnis sukses seperti yang dilakukan Bill Gates (Microsoft) dan Steve Jobs (Apple) dimulainya juga dari kecil, yakni di garasi rumah. Begitu juga dengan Mark Zuckerberg yang mulai membangun Facebook dari kamarnya yang kecil.

Keberanian adalah modal utama orang-orang sukses. Anda harus berani dalam mewujudkan impian Anda. Jika Anda tidak berani untuk mengambil tindakan bagaimana mimpi Anda akan terwujud?

Leave A Reply

Your email address will not be published.