Berita Nasional Terpercaya

Soal Insiden Panglima TNI Dilarang Masuk Wilayah AS, Ini Permintaan Fahri Hamzah

0

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah meminta Kementerian Luar Negeri, untuk melakukan investigasi terkait ditolaknya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke Amerika Serikat.

Ia menegaskan pemerintah seharusnya tak cepat puas dengan penjelasan dari Pemerintah Amerika Serikat terkait ditolaknya Panglima TNI.

“Menteri Luar Negeri harus melakukan investigasi lebih jauh. Sebab tidak mungkin kesalahan yang dilakukan ini teknis dan administratif semata,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (22/10/17).

“Kita patut mencurigai bahwa di belakang keputusan ngawur itu, meski telah dikoreksi, ada maksud lain yang lebih besar,” tegas Fahri.

Fahri Hamzah juga menganggap tidak cukup jika kedutaan Amerika Serikat di Jakarta yang menyampaikan penjelasan dan permintaan maaf. Menurutnya, penjelasan terkait insiden itu seharusnya disampaikan oleh Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford sebagai pihak yang mengundang Panglima TNI Gatot ke Amerika Serikat.

Sebagaimana diketahui, Gatot dan delegasi sudah mengantongi visa dari AS untuk hadir dalam acara Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization. Gatot diundang secara resmi oleh Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS).

Saat itu Panglima TNI beserta delegasi masih berada di Bandara Soekarno-Hatta dan hendak check in. Sabtu (21/10/17). Sebelum keberangkatan ada pemberitahuan Gatot dan delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.