Berita Nasional Terpercaya

Sering Diabaikan Inilah Perawatan Kulit Tangan dan Kaki yang Kudu Dilakukan

0

Bernas.id – Tangan adalah bagian dari tubuh yang paling masif bersinggungan atau bersentuhan dengan benda asing. Jika tidak dirawat dengan baik maka kecantikan dan kesehatan tangan pun bisa rusak. Selain itu tangan juga sering menjadi media perpindahan bakteri virus dan kuman yang berasal dari jemari ke tubuh ataupun ke kulit wajah.

Inilah beberapa tips perawatan kulit tangan:

  • Bukan hanya wajah, tangan juga perlu diberikan perawatan scrubbing. Lakukanlah perawatan sendiri di rumah dengan cara mencampurkan garam dan gula kemudian gosok-gosokkan secara perlahan di kulit tangan.
  • Setelah mandi, usahakan segera mengoleskan pelembab. Biasakan melakukan tindakan ini karena selesai mandi kulit yang setengah basah bisa lebih mudah menyerap pelembab.
  • Konsumsi multivitamin seperti vitamin A, B kompleks, C, dan E. Vitamin A memelihara jaringan kulit sedangkan vitamin B kompleks menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Jangan lupa untuk mengonsumsi juga minyak ikan.
  • Untuk menjaga kesehatan kulit kuku, sangat dianjurkan melakukan manicure setiap bulan. Perawatan ini bisa dilakukan di salon kecantikan ataupun di rumah secara mandiri.
  • Lindungi kulit dari luka gesekan zat kimia dan lainnya dengan memakai sarung tangan. Sebagai contohnya ketika kita sedang berkebun. Ingatlah setelah melakukan aktivitas apapun yang ada di dalam dan di luar ruangan segera cuci bersih tangan dengan menggunakan sabun tangan. Ini dilakukan untuk mencegah perpindahan infeksi kuman bakteri virus dari tangan ke kulit tubuh ataupun wajah.
  • Oleskan moisturizer cream atau petroleum jelly sebelum tidur. Ingin kulit tampak muda di usia senja? Ada baiknya selimuti tangan dan kaki ketika tidur. Misalnya dengan memakai selimut dan kaos kaki.

Selain perlu dirawat, tangan juga membutuhkan nutrisi serta asupan gizi yang cukup supaya tetap cantik, sehat, dan kuat. Terlebih lagi untuk bagian kulit, Anda bisa melakukan beberapa tips sederhana berikut ini pada kulit tangan supaya tetap lembut sampai usia senja nanti.

  • Campur satu sendok teh kopi dan gula kemudian tambahkan minyak zaitun atau minyak goreng secukupnya. Oleskan pada punggung dan telapak tangan kemudian diamkan sekitar 5 sampai 10 menit dan bersihkan dengan air.
  • Tumbuk beberapa lembar daun pepaya secukupnya kemudian oleskan pada telapak tangan kira-kira 5 hingga 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Tumbuk kulit buah pisang secukupnya lalu oleskan ke telapak dan punggung tangan. Biarkan hingga kering setelah itu basuh dengan menggunakan air bersih.
  • Campur susu air jeruk nipis dan lulur mandi kemudian aduk sampai rata setelah itu oleskan pada tangan. Tunggu kira-kira 10 sampai 20 menit lalu bilas sampai bersih.

Selain tangan, kaki juga perlu diperhatikan kesehatannya terlebih lagi di bagian telapak kaki. Kasar kering dan pecah-pecah merupakan satu dari sekian masalah medis yang muncul dan mengganggu serta membuat orang kehilangan rasa percaya diri.

Penyebab masalah kesehatan ini sangatlah beragam, dimulai dari cuaca sabun dan deterjen atau kebiasaan tertentu seperti pemakaian sepatu tertutup selama bertahun-tahun ataupun kegemaran menggunakan sepatu hak tinggi.

Untuk perawatannya, Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Jaga selalu kelembaban kulit kaki. Setiap kali mencuci kaki pastikanlah benar-benar bersih. Begitu juga ketika mengeringkannya pastikanlah memang benar-benar kering.
  • Rendam kaki dengan menggunakan air hangat yang ditambahkan pula dengan disinfektan. Gosok secara perlahan bagian kaki atau tumit yang pecah-pecah dengan menggunakan batu apung. Ini akan mengelupaskan bagian kulit yang kering pada tumit.
  • Gunakan lotion yang menyejukkan setiap malam setelah membersihkan kaki. Anda juga dapat menggunakan lotion yang memiliki kandungan provitamin d dan lanonin.
Leave A Reply

Your email address will not be published.