Berita Nasional Terpercaya

Poin-Poin Dalam Outdoor Games yang Tak Dapat Tergantikan

0

Bernas.id – Siapa yang tidak suka bermain? Hampir pasti setiap orang senang bermain, dari anak kecil hingga dewasa. Baik pribadi yang introvert maupun ekstrovert. Generasi kita, saat kecil dulu, sudah tidak asing dengan permainan yang membutuhkan fokus, pemikiran, kecermatan, kegesitan dan keterampilan khusus. Seperti adu gasing, congklak, catur, balap ban bekas, sundah mandah, adu gundu, main lompat tali dan lainnya. Sekarang sedang zamannya anak-anak main game online. Akses bermain via gadget sudah menjamur hingga kalangan anak-anak usia dini. Ada yang baik, ada pula yang kurang baik, seperti pertarungan, peperangan, dan permainan yang saat menang akan muncul gambar wanita sexy.

Ada baiknya kita kembali mengajak anak-anak untuk menghidupkan kembali permainan tradisional. Kegiatan tersebut bertujuan melestarikan kebudayaan yang telah ada turun-temurun, karena setiap permainan tradisional sarat akan nilai-nilai moral dan pendidikan. Permainan tradisional lebih banyak bergerak dan gembira. Tentu saja lebih menyehatkan dibandingkan bermain dengan gadget atau playstation yang lebih banyak duduk statis.

Permainan tradisional zaman sekarang mengalami perkembangan yang pesat. Inovasi dan kreasi jenis serta bentuk permainannya sudah bervariasi. Istilah outdoor games sebelumnya lebih dikenal dengan istilah outbound. Hampir sama dengan permainan tradisional, namun outdoor games diatur sedemikian rupa dengan tujuan yang lebih khusus. Dalam permainan tersebut, anak-anak, remaja atau orang dewasa dilatih untuk saling bekerja sama dalam satu tim. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah:

1. Menggali kemampuan tiap peserta baik secara fisik maupun psikis,

2. Kemampuan menganalisa kasus dan berpikir langkah solusinya,

3. Kemampuan berbaur, berinteraksi dan pengembangan diri dalam dinamika kelompok kecil.

Poin penting kegiatan ini adalah melatih kebersamaan, musyawarah, perencanaan, atur strategi terhadap langkah-langkah solusi taktis yang diambil, evaluasi hasil kerja tim, serta bagaimana menikmati hasil perjuangan satu tim. Hasil akhirnya mereka dihadapkan kepada evaluasi secara menyeluruh atas kinerja serta dedikasi terhadap lingkungan, pekerjaan maupun pengembangan diri.

Permainan itu merupakan jenis kegiatan manusia yang tidak mungkin akan hilang dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, generasi muda sekarang sebaiknya memilih jenis dan bentuk permainan yang menyehatkan jiwa dan raga kita. Pilih permainan yang banyak gerak agar badan kita berolah raga. Pilih permainan yang membutuhkan strategi agar kita dilatih berpikir taktis tidak hanya asal praktis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.