Berita Nasional Terpercaya

Makan Kulit Buah? Kenapa Tidak!

0

Bernas.id – Keripik, dodol, atau kue menjadi berbagai olahan dari buah. Namun, berbagai varian ini terasa lumrah. Berikut ini terdapat pilihan baru. Olahan dari kulit buah tentu terasa sangat unik dan menarik. Dari kulit pisang hingga kulit nanas pun ternyata dapat diolah kembali menjadi makanan atau minuman yang menarik. Berikut ulasannya

1. Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata memiliki banyak kandungan positif. Hal ini mungkin saja mengejutkan Anda. Kulit pisang yang selama ini selalu mengisi bak sampah, sekarang tidak lagi. Kulit pisang memiliki nutrisi yang lengkap. Bayangkan saja, dalam 100 gram kulit pisang terkandung 18,50 gram karbohidrat, 0,3 gram protein, dan 2,11 gram lemak. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B dan C pun terdapat di dalamnya.

Kini, kulit pisang tidak lagi dibuang begitu saja. Berasal dari Lampung, kulit pisang telah diolah menjadi camilan yang renyah. Kerupuk kulit pisang atau yang disebut dengan kusang, bermula dari ide kreatif mahasiswa. Di tengah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa-mahasiswa tersebut memberikan kemajuan dalam dunia kuliner masyarakat setempat.

2. Kulit Cempedak

Cempedak merupakan sejenis tanaman yang termasuk dalam golongan moraceae. Kelompok ini merupakan tanaman yang digolongkan seperti pohon beringin, tin, dan murbei. Cempedak adalah perpaduan antara buah nangka dan durian, sehingga aroma yang khas menjadi salah satu ciri yang dimilikinya. Buah cempedak digemari sebagai panganan yang siap langsung dimakan, seperti buah pada umumnya. Namun, bisa juga digoreng selayaknya pisang.

Kini, tidak hanya bagian buah. Kulit cempedak pun dapat diolah menjadi makanan yang disebut mandai. Mandai merupakan makanan seperti halnya lauk-pauk. Makanan ini adalah menu tradisional daerah Kalimantan Selatan. Bagian kulit cempedak atau yang disebut dengan tiwadak, menjadi bahan utama yang digunakan. Tiwadak akan melewati proses fermentasi, yang kemudian akan diolah menjadi beberapa resep pilihan. 

3. Kulit Nanas

Sebelum memakan buah nanas, telah menjadi kebiasaan masyarakat umum untuk membersihkan kulit dan ?mata-mata? yang terdapat pada sekeliling bagian luar nanas. Namun, tahukah anda jika kulit nanas memiliki banyak kandungan nutrisi. Sirup kulit buah nanas, kini menjadi olahan baru. Tahapan cara pembuatan yang tidak terlalu rumit, menjadi salah satu daya tarik masyarakat memproduksi minuman ini. Kulit nanas yang telah diiris tipis-tipis dan melewati proses pemberian garam, kemudian akan dicuci bersih. Selanjutnya, irisan kulit nanas direbus bersama dengan asam, gula, dan kunyit. Proses ini dilakukan hingga air mendidih, lalu angkat dan dinginkan. 

Potongan jahe juga dapat ditambahkan pada proses perebusan, untuk memberikan sensasi rasa hangat saat meminumnya. Rebusan air yang telah dingin, siap untuk digunakan. Mencampurkan sirup dengan segelas air, lalu ditambahkan dengan es batu, siap menjadi minuman segar olahan kulit nanas.

Anda ingin mengolah sendiri berbagai olahan dari kulit buah ini? Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.