Berita Nasional Terpercaya

Startup, Bisnis yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

0

Bernas.id –  “Modal  bisa memenjarakan manusia, membuat manusia bekerja tanpa henti dari jam 5 subuh sampai jam 8 malam untuk kekayaan orang lain”  (Tan Malaka)

Bisnis startup yang berbasis teknologi menjadi bisnis yang menjanjikan ke depannya. Pasalnya, bisnis ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan para konsumen. Bisnis startup sangat diminati oleh perusahan besar dan para mahasiswa. Pada suatu kesempatan, Presiden Joko Widodo pernah berpesan, “Mulai saat ini perlu dirancang strategi promosi dan pemasaran yang dapat dikerjakan melalui internet dan telekomunikasi seperti cyber system, media digital dan media social.”

Baca juga: Inilah 10 Sekolah Penerbangan Terbaik yang Ada di Indonesia

Fenomena startup memberikan wadah untuk mengaplikasikan ide dan kreativitas pada era digital ini. Semua orang bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk berbisnis maupun sebagai layanan kebutuhan sehari-hari. Jasa startup juga bisa digunakan untuk memasarkan produk apapun untuk dijualbelikan. Oleh karena itu, tak heran kalau mahasiswa memanfaatkan untuk berbisnis dan memasarkan aneka produk-produk Indonesia ke penjuru dunia.

Startup menurut Wikipedia adalah perusahaan rintisan atau perusahaan dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Kehadiran bisnis startup ini akan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia. Inilah yang membuat seseorang lebih memilih membuka usaha sendiri, supaya ketimpangan dan pengangguran dapat berkurang. Untuk itu, hadirnya sebuah UU perdagangan yang mewajibkan para pelaku bisnis untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) demi kenyamanan dalam usahanya merupakan hal yang tepat.

Saat memasuki dunia bisnis dibutuhkan wawasan yang luas dan mental yang kuat untuk tetap eksis dalam bisnisnya. Mahasiswa kini sangat berpeluang untuk membagun jaringan dan memupuk pengalamannya untuk terus berbenah lebih baik demi bisnis yang digelutinya. Merambahnya berbagai macam saingan bisnis seyogyanya tidak menjadikan mahasiswa surut dalam menggali kereativitasnya. Salah satu caya yang jitu yakni melakukan pemasaran lewat teknologi masa kini atau melalui bisnis startup.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Berbisnis sejak mahasiswa bukanlah hal yang mudah, selalu ada tantangan dan halanggan. Namun, tantangan itu bukan hanya untuk kita pikirkan, melainkan terus bergerak untuk memulai mencari solusinya. Oleh karenanya, perlu sekali membuat suatu manajemen layaknya organisasi-organisasi yang ada. Sebagai mahasiswa yang belajar sambil berbisnis pun harus pandai mengatur jam perkuliahan dan aktivitas bisnisnya, sehingga target untuk lulus kuliah dan menjadi sarjana bisa tercapai.

Jika jiwa mahasiswa yang ingin tetap maju dan terus bangkit ketika menghampiri suatu kegagalan itu dipupuk, hikmah dari kegagalan menuju kesuksesan bisa kita dapatkan. Sebagaimana businessman yang menjadi The Best CEO versi majalah Forbes 2015,  Hary Tanoesoedibjo pernah berpesan “Gagal itu bukan membuat hidup kita selesai, tapi gagal itu pelajaran untuk kita lebih baik”.

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.