Berita Nasional Terpercaya

5 Kuliner Khas Jepara yang Sayang Anda Lewatkan

0

Bernas.id – Selain terkenal dengan kerajinan ukir, wisata pantai dan wisata sejarahnya, Jepara juga memiliki kuliner khas yang harus anda coba saat berkunjung ke sana. Anda bisa menikmati minuman, camilan, dan lauk khas yang mungkin tidak Anda temukan di daerah lain. Jangan lupa masukkan daftar wisata kuliner Anda ya.

1. Pindang Kepala Ikan Manyung

Ikan yang memiliki bentuk seperti lele ini biasanya diolah menjadi ikan asin dengan sebutan jambal roti. Tetapi di Jepara, bagian tubuh ikan ini yang dijadikan olahan adalah kepala nya. Kepala ikan Manyung biasa diolah menjadi pindang. Pindang ini memiliki kuah bening dengan cita rasa yang segar, pedas dan asam. Hal ini didapat dari belimbing wuluh, cabe dan merica yang dimasukkan ke dalam pindang. Masakan ini cocok dinikmati saat siang atau sore hari, di pinggir pantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

2. Gempol Pleret

Gempol pleret terbuat dari tepung beras yang diaduk dengan air sehingga menjadi suatu adonan. Untuk membuat gempol, adonan tersebut dibentuk menjadi bulat, sedangkan pleret, adonan dibentuk pipih kemudian diberi pewarna makanan merah muda. Kedua jenis adonan ini kemudian disajikan dengan santan, sirup dan es. Rasanya begitu menyegarkan, cocok dinikmati saat siang hari.

3. Adon-Adon Coro

Selain gempol pleret, ada satu lagi minuman khas Jepara yang bernama adon-adon coro. Namanya memang terdengar unik, begitu pula rasanya. Minuman tradisional ini sebenarnya adalah jamu, tetapi rasanya yang enak membuat anda tidak merasa sedang meminum jamu. Adon-adon coro disajikan hangat dan terdiri dari campuran kayu manis, pandan, merica bubuk, lengkuas, cengkeh, daging kelapa yang dipotong dadu, kemudian disiram dengan santan, gula merah, jahe dan air.

4. Kerang Rebus

Posisi Jepara yang terletak di tepi laut membuat kota ini kaya akan hasil laut. Salah satunya adalah kerang. Di Jepara banyak terdapat kerang bulu, kerang darah, kerang hijau, kerang tiram dan kerang simping. Di sini anda bisa menikmati campuran berbagai macam kerang tersebut yang dimasak dengan cara direbus, hanya dengan harga Rp5000,00 hingga Rp10.000,00.

5. Latoh

Latoh (Caulerpa) merupakan salah satu jenis rumput laut yang berasal dari kelompok Chlorophyceae (Alga hijau). Latoh sendiri berwarna hijau terang dengan ujung batang yang berbentuk bola-bola kecil. Rasanya asin dan renyah. Rumput laut jenis ini belum dibudidayakan di Jepara, sehingga para nelayan mendapatkannya murni dari hasil tangkapan di laut. Hal ini membuat makanan satu ini menjadi agak sulit didapat karena bersifat musiman. Latoh di Jepara biasanya dimakan langsung, diolah dengan menggunakan campuran parutan kelapa atau disajikan dengan bumbu pecel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.