Berita Nasional Terpercaya

Sebelum Meneriakkan Semangat Sumpah Pemuda, Lakukan Dulu Sumpah-Sumpah Ini pada Diri Sendiri!

0

Bernas.id – Delapan puluh sembilan tahun lalu, para pemuda Indonesia bersumpah demi Negara tercinta. Semua dicurahkan para pemuda zaman itu untuk Indonesia. Sekarang bagaimana? Meskipun berbeda situasi dan kondisi, pemuda tetaplah pemuda. Seorang manusia yang memasuki masa-masa penuh energi dan semangat berapi-api. Maka dari itu, sebuah bangsa akan berhasil jika pemudanya aktif dan kreatif membangun bangsanya. Namun sebelum mencurahkan segalanya untuk negara, sepertinya perlu kembali ke diri sendiri. Sudah selesai kah dengan diri sendiri? Coba nih, apa kamu sudah melakukan sumpah-sumpah ini? 

Sumpah untuk Terus Belajar

Belajar itu nggak ada habisnya. Belajar bukan cuma dari sekolah atau kampus. Dari lingkungan pun bisa. Dan, yang nggak lupa harus dipelajari: etika dan adab. 

Sumpah untuk Berbakti Kepada Orang Tua

Bagaimana mau berbakti pada negara kalau berbakti pada orang tua pun tak bisa? Generasi yang berbakti biasanya punya semangat kerja lebih banyak. 

Sumpah untuk Menjadi Teladan Bagi yang Lebih Muda

Remaja dan pemuda selalu jadi idola bagi generasi selanjutnya. Maka dari itu penting banget buat jadi contoh yang baik supaya generasi berikutnya pun tetap baik.

Sumpah untuk Tidak Mengambil Hak Orang Lain

Bisa dilakukan dengan nggak menyerobot antrian, nggak gratifikasi dan korupsi, bahkan buang sampah dan meludah sembarang termasuk mengambil hak orang lain untuk hidup di lingkungan yang bersih. Nikung gebetan teman termasuk nggak? Coba tanya ke temanmu, deh. 

Sumpah untuk Tak Menjadi Beban Masyarakat

Jangan sampai mengemis. Jangan sampai jadi pengangguran. Susah cari kerja? Pekerjakan diri sendiri. Jadi YouTuber, fotografer, berjualan, dan berbagai bidang lain yang bisa dilakukan sebagai freelancer. Kembali ke poin 1, jangan lupa belajar supaya nggak kalah dengan orang lain yang lebih dulu terjun ke dunia tersebut.

Sumpah untuk Memanfaatkan Teknologi dalam Hal Baik

Teknologi bukan untuk menyebarkan hoax dan kebencian. Teknologi justru digunakan untuk menyebarkan ilmu dan pengetahuan, serta memberikan manfaat bagi orang lain. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.