Berita Nasional Terpercaya

Jangan Asal, Inilah 10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Smartphone Baru. No. 9 Super Penting!

0

Bernas.id ? Asik! Akhir tahun smartphone baru. Setelah berjuang habis-habisan selama berbulan-bulan, tapi akhirnya terbayarkan juga dengan smartphone yang baru. Terlebih lagi jika mampu membelinya dengan model flagship yang bakalan bikin semua orang ngiler. Bangga kan?

Namun sebelum install terlalu banyak aplikasi dan memakainya untuk main game atau bermedsos ria maka tak ada salahnya untuk kamu memperhatikan beberapa hal. Semoga dengan melakukan beberapa hal ini, dijamin bakal buat smartphone kamu yang makin nyaman dan seru!

10 Hal yang wajib dilakukan jika kamu mempunyai smartphone baru

Sebelum kamu ingin memperlihatkan smartphone baru di Instagram maupun media sosial kamu yang lain, ada baiknya untuk mempersiapkan smartphone sebaik mungkin. So, inilah 10 steps yang wajib kamu lakukan ketika smartphone baru sudah ada digenggaman.

1. Cek Kondisi dan Kelengkapan

Di saat membeli smartphone, wajib untuk mengecek barang yang kamu beli apakah mempunyai garansi atau tidak. Bisa itu garansi resmi maupun hanya garansi distributor. Paling tidak dengan adanya jaminan tersebut, kamu sudah mempunyai pengaman ketika terjadi masalah dengan smartphone itu.

Di saat membeli smartphone yang ada di took offline maka tak ada salahnya juga untuk memeriksa apakah semuanya lengkap serta dalam kondisi yang sempurna. Namun di saat membeli toko online, pastikanlah jika pihak took tersebut membuat dokumentasi unboxing supaya dapat menjadi bukti kuat jika nantinya barang yang diterima palsu maupun tak berfungsi sesuai dengan semestinya.

Cobalah juga untuk mengecek apakah charger dapat digunakan dengan baik, earphone berjalan dengan benar, kemampuan membaca kartu SIM, layar dan masih banyak lagi.

2. Matikan Shortcut Aplikasi Baru

Sebaiknya sebelum mulai melakukkan berbagai instalan yang sangat beragam aplikasi yang ada di Android maka pastikanlah untuk mematikan shortcut aplikasi yang ada di Home Screen bila tak ingin terdapat dalam Home Screeen. Tentu saja karena membuatnya terlihat berantakan. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan memasuki Googley Play Store menuju settings dan hilangkan tanda ceklis yang ada di Add icon to Home Screen.

3. Update Aplikasi Bawaan

Dalam sebuah smartphone, biasanya vendor akan melengkapi smartphone kita dengan aplikasi bawaan. Nah, supaya kinerja smartphone dapat berjalan dengan baik maka lakukanlah update semua aplikasi bawaan yang ada di smartphone baru kamu. Setelah memperbarui aplikasi bawaan, kini saatnya mulai melakukan instal aplikasi baru yang akan meramaikan Android milikmu.

4. Kurangi Brightness

Dengan semakin tinggi brightness atau tingkat kecerahan smartphone tentu akan berakibat pula dengan semakin cepat pula baterai smartphone habis. Supaya dapat menghindari cepat rusak baterai karena terlalu sering melakukan charge akibat kehabisan baterai. Oleh karena itu, begitu membeli smartphone baru maka pastikan untuk bisa mengurangi tingkat kecerahan layar ada smartphone kamu.

Untuk mengurnagi brightness, kamu dapat memasuki menu settings ? display atau dapat juga langsung menggunakan brightness toggle yang terdapat pada quick settings.

5. Membuat Akun Cadangan

Akun cadangan itu nantinya berfungsi untuk menyimpan semua data yang disimpan pada smartphone kamu. Beberapa di anataranya  catatan, kotak, log panggilan, kalender dan pesan. Hal itu berguna jika kamu ingin mengganti smartphone, hanya tinggal membuat akun cadangan tersebut maka seluruh data akan langsung berpindah.

Untuk membuat akun cadangan cukup mudah kok. Untuk smartphone Android, kamu hanya perlu memakai akun Gmail sebagai akun cadangan sedangkan untuk iPhone hanya tinggal memakai iCloud. Pastikanlah untuk mengaktifkan akun cadangan tersebut sehingga berbagai data penting dapat tersimpan dengan baik.

6. Pakailah Wallpaper Hitam

Jika smartphone jamu telah memakai layar berjenis AMOLED maka teknologi ini dapat menghemat konsumsi baterai. Namun akan terasa lebih hemat lagi jika memakai wallpaper hitam untuk bisa semakin menghemat baterai.

7. Atur Kunci

Selagi masih kosong dan belum berisi foto maupun video maka tak ada salahnya untuk segera mengantur kunci smartphone kamu. Manfaatnya adalah kamu dapat memakainya dnegan aman di saat nanti mulai banyak dokumen maupun data priibadi di dalamnya. Kamu dapat memanfaatkan password atau kata kunci, kunci pola, PIN sampai sidik jari jika memang ada.

Namun bila kamu masih tak puas denganfitur  kunci pengaman pada smartphone kamu, bisa saja gunakan aplikasi lock screen yang dapat membantumu dari para tangan jahil. Selain itu ada juga cashtree dan droid lock yang merupakan beberapa aplikasi lock screen terbaik.

8. Aktifkan Do Not Disturb

Smartphone masih ingin di pegang pasti paham kalau pengen terus dimainkan, Namun jangan sampai waktu yang seharusnya buat kamu istirahat malah keganggu sama berbagai notifikasi yang ramai di smartphone kamu. Untung saja di smartphone pasti hampir selalu ada fitur yang satu ini.

Do Not Distrub merupakan fitur yang dapat meredam seluruh notifikasi yang masuk ke jam-jam istirahat kamu, sehingga tidur kamu dapat jadi lebih nyenyak. Jika menggunakan smartphone Android kamu cukup mengaktifkan fitur tersebut dengan cara settings ? sounds and notification. Kemudia carilah yang setidaknya berhubungan.

Namun untuk beberapa smartphone, contohnya adalah Xiaomi, fitur do not disturb dibuat di segmen tersendiri sehingga lebih memudahkan pemakainya.

9. Aktifkan Android Device Manager

Lagi senang-senang mempunyai smartphone baru, eh tiba-tiba hilang? Tentu sangat menyedihkan yah. Karena itulah untuk berjaga-jaga akan berbagai hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk mengunduh serta mengaktifkan fitur Android Device Manager.

Dengan Android Device Manager, jika kamu lupa menaruhnya dimana, maka kamu bisa memaksa Android untuk berbunyi sehingga akan mudah untuk didapatkan kembali. Selain itu juga dapat digunakan untuk melacak smartphone yang hilang karena dicuri lho.

10. Login Media Sosial

Memiliki smartphone baru tentu akan membuat kamu tidak sabar sesegera mungkin memamerkannya ke teman-teman kan? Supaya dapat lebih terasa suasana smartphone baru maka kamu wajib untuk membagikan berbagai foto dan video dari smartphone baru kamu ke berbagai media sosial seperti Path, Facebook, Instagram. Kalau memang diperlukan, sesekali jadikan DP BBM deh supaya sahabat kamu tak bosan dengan foto selfie yang dipajang olehmu.

Itulah 10 langkah yang bisa dilakukan untuk kamu yang baru saja membeli smartphone baru. Tetapi ingat, selalu simpan boks smartphone baru itu. Tentu saja jika suatu saat ingin menjualnya, harga yang ditawarkan tak akan terjerembab bebas.

Selain itu, simpan pula jaminan garansi smartphone dari garansi baik itu garansi resmi maupun garan. si toko. Karena dengan garansi tersebut, kamu akan mempunyai jaminan bila nantinya smartphone kesayanganmu rusak. Namun yang perlu diingat, jaminan itu mempunyai masa berlaku yang terbatas. Jadi sebelum pergi ke service centers maka cek dahulu apakah garansi itu masih berlaku atau tidak.

Itulah beberapa saran yang perlu diperhatikan ketika membeli smartphone baru, semoga informasi itu dapat membantu kamu dan selamat berpetualang dengannya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.