Berita Nasional Terpercaya

Anda Seorang Manajer? Anda Wajib Baca Ini, Khusus untuk Manajer!

0

Bernas.id – Dalam setiap organisasi yang besar maka perlu adanya sebuah hierarki manajemen yang menjaga seluruh proses agar berjalan dengan baik. Manajer yang baik bertindak sebagai fasilitator saat berada di lingkungannya, menyesuaikan hal-hal kecil di sana sini untuk menghasilkan efek yang luar biasa. Seorang manajer yang baik adalah seorang pemimpin yang mampu memimpin dengan kepala dingin dan memberikan contoh. Ini adalah salah satu pekerjaan paling sulit dan juga salah satu yang paling jarang diterima, karena di satu sisi Anda harus mengatur ego dan ekspektasi Anda. 

Berikut ini adalah beberapa trik yang akan membantu Anda agar berhasil mengatur semua tanggung jawab dengan semangat.

1. Berikan motivasi pada karyawan

Mengapa karyawan ada di perusahaan ini? Apa yang membuat mereka tetap bersama organisasi Anda dan apa yang membuat mereka tidak beralih ke perusahaan lain? Apa yang membuat hari-hari yang baik menjadi baik? Apa yang membuat mereka tetap bersama perusahaan setelah mengalami hari yang buruk atau minggu yang buruk? Jangan berasumsi kalau alasannya adalah uang. Tak semua orang berpikir sepicik itu.

2. Buatlah agar karyawan merasa bahagia dengan apa yang dikerjakan 

Manajer yang berhasil sangat pandai mengidentifikasi kekuatan karyawannya dan sesekali memberi aplaus karyawannya. Hal ini karena manajer yang baik tahu bahwa orang yang bahagia akan menjadi orang yang produktif. Cobalah untuk memuji kelebihan karyawan baik di depan umum atau secara pribadi.

3. Sekalisekali, utarakan pada karyawan betapa Anda menghargai mereka 

Ajaklah mereka keluar dan utarakan hal itu. Ajaklah mereka untuk minum kopi dan sampaikan hal apa yang membuat Anda menghargai mereka. Misalnya bahwa mereka adalah pekerja keras, mereka dapat memotivasi orang lain secara efektif; mereka mudah dilatih; mereka disiplin, atau berusaha sangat keras; mereka selalu membuat Anda ceria, dan lain sebagainya. Jangan berbelit-belit, katakan saja terus terang. Seorang karyawan yang tahu kalau ia dihargai, akan bekerja lebih keras, lebih menikmati apa yang dilakukannya, dan membagikan kebahagiaan ini kepada karyawan lain.

4. Underpromise, overdeliver (Tidak memberikan harapan muluk namun menunjukkan hasil yang luar biasa

Cara ini bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan yang berbeda, namun ini adalah resep manajerial yang luar biasa. Apakah Anda ingin menjadi orang yang memiliki tujuan yang sangat tinggi namun tidak tercapai atau apakah Anda ingin menjadi orang yang menentukan tujuan yang terukur dan mendapatkan keberhasilan yang melampaui harapan? Ini semua berhubungan dengan citra diri, dan citra diri itu sangat penting.

5. Pastikan tiap karyawan mengetahui apa yang ditargetkan 

Memiliki tujuan yang konkret akan memberi wewenang pada karyawan dan membuat mereka fokus bekerja. Oleh karena itu uraikan secara jelas apa yang menjadi goal setting, kapan tenggat waktunya, dan apa yang akan Anda lakukan dengan hasilnya.

6. Berikan tugastugas yang akan meningkatkan kemampuan karyawan 

Ketika karyawan mulai mengambil tanggung jawab lebih dan menunjukkan bahwa mereka mampu, berikan mereka tugas yang akan meningkatkan kemampuan dan membantu mereka mendapatkan rasa memiliki yang lebih besar terhadap pekerjaannya. Seorang manajer tidak hanya sekadar mengetahui kemampuan karyawan menangani pekerjaannya, namun Anda juga sedang menjadikan mereka lebih berharga untuk perusahaan.

7. Menjadi pendengar yang baik 

Dengarkan apa yang harus dikatakan oleh karyawan dan mitra kerja. Anda tidak harus selalu menjadi penggerak pertemuan, menghalangi yang lain dengan mendominasi pertemuan. 

8. Perlakukan setiap orang dengan setara

Kebanyakan dari kita tidak memiliki derajat yang sama sebagaimana yang kita inginkan. Seringkali, tindakan pilih kasih terjadi secara tidak sadar. Tendensinya adalah memberikan pengakuan yang lebih positif pada orang yang mengingatkan kita tentang diri kita dan yang benar-benar menyukai kita, dan bukan pada orang-orang yang membuat kontribusi terbesar untuk organisasi. 

Demikian beberapa langkah yang ditempuh oleh orang meniti karier menjadi seorang manajer baik organisasi maupun perusahaan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.