Berita Nasional Terpercaya

Jangan Takut Menghadapi Kompetitor! Lakukan 2 Prinsip Dasar Ini agar Pelanggan Tidak Lari

0

Bernas.id – Menurut kamus besar bahasa Indonesia kompetitor adalah orang yang bersaing atau saling berlomba untuk memojokkan perusahaan lawan. Jika dilihat dari arti harfiah, kompetitor sepertinya lebih ke arah negatif. Namun, sebenarnya bisa positif jika kita menyikapinya dengan berbeda. Saat ini sudah merupakan hal yang lumrah bila semua pelaku bisnis memiliki pesaing atau kompetitor, tetapi cara kita menyikapinya yang tentunya bisa membuat berbeda. Persaingan secara sehat dalam bisnis seharusnya bisa membawa dampak yang baik bagi pelanggan maupun pelaku bisnisnya itu sendiri.

Agar lebih unggul dalam banyak hal, yang bisa kita perhatikan adalah 2 hal dasar dalam bisnis di antaranya adalah service dan kualitas produk. Apa istimewanya dua hal tersebut? Mari kita simak ulasannya:

Pertama, jangan pernah ragu untuk urusan service karena ketika kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik, sudah pasti kita mendapat tempat di hati pelanggan. Pelanggan pasti akan rela mengeluarkan biaya yang tidak murah, asalkan terpuaskan dengan pelayanan yang kita berikan. Menjadi hal yang bisa diterima oleh pelanggan jika value benefit yang diterima dari barang atau jasa yang kita jual sebanding atau bahkan lebih dari harga yang dikeluarkan.

Lalu, apakah memberikan pelayanan terbaik itu sulit? Sebenarnya tidak juga, kita bisa mulai dari hal yang paling sederhana. Hanya saja sebisa mungkin penerapannya berkelanjutan dan dilakukan oleh semua pihak di bisnis Anda agar perubahan atau hasilnya lebih terlihat.

Contoh sederhananya seperti yang dilakukan oleh salah satu pengusaha rental mobil di Bali, pak Gede. Pak Gede mewajibkan semua driver di rental mobilnya untuk menyediakan air mineral botol kepada pelanggan dengan gratis. Hal ini dilakukan untuk memberikan service yang baik dari hal sederhana. Modal yang dikeluarkan tak seberapa, tapi pelanggan akan merasa diperhatikan. Jika satu pelanggan terpuaskan, ia sudah pasti akan memberikan WOM (Word Of mouth) positif yang baik bagi bisnis kita.

Selain itu, driver juga diwajibkan untuk megetahui sejarah dan budaya Bali, tujuannya agar jika ada turis yang bertanya dan mengunjungi lokasi wisata, sang driver bisa menceritakannya dengan jelas. Hal ini menjadi selling point tersendiri karena selain pelanggan terhibur, secara tidak langsung ikut serta memajukan budaya daerah setempat. ?Hmm sederhana tapi cukup berarti bukan?

Kedua, yang tidak kalah penting yaitu masalah kualitas. Biasanya  kualitas ini akan “tergeser” saat biaya operasional meningkat, tapi pelaku usaha ingin tetap mendapat untung yang besar. Kunci utama bagi pelaku bisnis yang sukses yaitu selalu menjaga kualitas agar tetap baik. Dalam kondisi apapun, tidak pernah kenal kata kompromi.  Mereka sadar benar karena kualitas sudah menjadi selling point tersendiri. Bagi mereka lebih baik mengurangi ukuran produk atau menghilangkan harga promo, jika dibanding harus menurunkan kualitas. Kualitas produk adalah salah satu tolak ukur pelanggan dalam bertransaksi. Keberadaannya bisa diartikan dengan kepercayaan yang diberikan pelanggan. Oleh karena itu, tepat kiranya jika kita sebagai pelaku usaha selalu menjaga kualitas produk kita.

Jadi apapun bisnis Anda, jangan pernah khawatir akan adanya kompetitor. Justru jadikan keberadaannya sebagai pemacu semangat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.