Tempat Ini Bisa Jadi Kolam Ikan Bagi Bisnis Anda, Targetkan Sekarang!
Bernas.id – Komunitas biasanya ditujukan untuk sekelompok atau sekumpulan orang yang memiliki “kesamaan” baik itu kertetarikan yang sama, hobi, kepercayaan, ataupun cara pandang yang sama. Hebatnya karena merasa memiliki “kesamaan”, biasanya ikatan antar individu dalam kelompok tersebut jauh lebih kuat. Anggota komunitas juga lebih mudah untuk mengambil keputusan yang serupa dengan kelompoknya karena merasa sebagai suatu hal yang wajar dan sudah seharusnya.
Menurut ahli Crow dan Allan, komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen utama yaitu komunitas berdasarkan lokasi, komunitas berdasarkan minat dan komunitas berdasarkan “ide” atau pemahaman. Penerapannya dalam kehidupan sosial saat ini sangat beragam. Selain memiliki kesamaan, ternyata banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa diperoleh bagi anggota komunitas seperti kesempatan sharing experience, networking atau kesempatan memperluas jaringan, kesempatan untuk saling membantu saat ada kesulitan sampai peluang usaha atau pekerjaan.
Sebagai pelaku bisnis, keberadaan komunitas ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan. Apalagi jika kita jeli dalam menempatkan target pemasaran produk kita. Bagaimana hal ini bisa menguntungkan? Berikut langkah langkahnya:
Pertama, tentukan keunggulan dari barang dan jasa yang kita jual. Kedua, pilih komunitas yang sekiranya memiliki kebutuhan seusai keunggulan produk kita. Dan ketiga tentukan cara pemasaran ke dalam komunitas tersebut. Jika kita bisa membidik pasar yang tepat tentunya peluang untungnya jauh lebih besar. Perumpamaan yang tepat adalah seperti akan memancing di kolam budidaya ikan, sudah pasti lebih mudah untuk mendapat ikan bukan?
Lalu bagaimana contoh penerapannya? Misalnya bagi Anda pengusaha katering rumahan, untuk bisa berkembang sudah saatnya untuk mulai membidik komunitas healthy life seperti membuat menu diet, menu ala vegetarian, atau suplemen alami kesehatan. Memberikan Informasi mengenai takaran gizi yang seimbang juga merupakan selling point tersendiri untuk melakukaan pemasaran pada komunitas ini.
Atau bagi anda yang baru mau memulai bisnis namun masih bingung untuk menentukan jenis bisnis apa yang cocok, bisa juga dengan melihat dan mengamati komunitas yang ada di sekitar anda. Dari hasil pengamatan tersebut pasti anda bisa membuat daftar apa saja yang kira kira dibutuhkan bagi anggota komunitas tersebut, dan salah satu dari daftarnya bisa menjadi peluang bisnis yang cocok bagi anda.
Ambil contoh, di sekitar anda ada komunitas pencinta kucing, bisa kita mulai dengan membuat list kebutuhannya. Seperti diantaranya makanan untuk kucing kesayangan mereka, butuh perawatan untuk kucing mereka, butuh dokter hewan saat kucing mereka sakit, membutuhkan tempat penitipan kucing atau mungkin penangkaran kucing anakan. Dari beberapa kebutuhan dari komunitas pencinta kucing tersebut bisa anda pilih salah satu yang cocok dengan passion Anda. Mungkin Anda bisa memulai bisnis makanan kucing, suplemen kesehatan untuk kucing atau bisa juga dengan membuka salon pemiliharaan kucing.
Pastikan untuk memperkaya ilmu pengetahuan Anda sebelum memulai bisnis yang Anda pilih agar tidak salah dalam pengambilan keputusan saat menjalankan bisnis. Libatkan anggota komunitas dalam pemasaran bisnis Anda agar bisa lebih mudah diterima. Poin penting yang harus diingat adalah untuk selalu menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik kita kepada pelanggan terlepas apapun jenis bisnis kita.
Yakinlah, bahwa peluang itu akan selalu ada asalkan kita lebih jeli dan mau memanfaatkannya dengan baik. Kesuksesan pasti menjadi milik Anda yang mau berusaha, selamat mencoba.