Berita Nasional Terpercaya

Gerak Cepat! Potensi Wisata Tersembunyi, Curug Song Mulai Digarap

0

Bernas.id ? Potensi alam Indonesia sungguh sangat besar peluangnya untuk dieksplorasi dan dikembangkan. Terutama sebagai tempat wisata alami yang beraneka ragam. Indonesia kaya dan memiliki semua keindahannya.

Salah satu potensi alam yang belum diolah adalah Curug Song. Lokasinya tersembunyi di bawah perbukitan Mbulu, Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Jalan penghubung Kalisalak-Binangun masih berupa aspal rusak. Lalu turun ke jalur sempit di atas bukit menuju RT 01 RW 11. Jalan menuju ke lokasi curug masih sempit dan sulit dengan berjalan kaki melalui jalur setapak di lereng bukit curam sedalam kurang lebih 100 meter.

Curug Song merupakan sebuah air terjun dari kumpulan beberapa sungai yang bermata air di dalam Bukit Mbulu dan bukit-bukit sekitarnya. Ketinggian air terjun sekitar 87 meter. Sebelah air terjun terdapat sebuah lubang yang masyarakat sekitar menyebutnya ?song?. Ada beberapa sumber mata air di sekitar lokasi Curug Song yang sebagian sudah diberi nama, seperti Tirta Pandawa. Keunikan lainnya adalah lokasi Watu Gede, Batu Pangkah, dan lahan seluas 1.425 meter persegi yang rencananya akan dibuat kolam wisata air.

Ada cerita-cerita unik dari masyarakat sekitar lokasi dari yang biasa saja hingga yang berbau mistis. Gua Song di sebelah Curug Song dulu sebagai tempat tinggal kelelawar. Ketika sering ada orang datang berburu dan menembaki, kawanan kelelawar tersebut menghilang berpindah tempat. Pesona alamnya lengkap dengan view pegunungan dan lembah. Pada areal Curug Song mulai dibangun tempat duduk, anjungan seperti kapal, gardu pandang di puncak bukit sebelah atas air terjun, tempat bermain, pengaspalan jalan setapak, pembuatan jalur turun ke bawah curug, penanaman pohon-pohon pelindung di lereng bukit. Berbagai persiapan tengah dilakukan agar suatu saat bisa diresmikan sebagai obyek wisata baru.

Pengelolaan potensi desa sebagai tempat wisata baru merupakan program yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan konsep peningkatan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat melalui program OVOP (One Village One Product). Selain Curug Song dan Watu Gede di Desa Kalisalak, ada juga obyek wisata Watu Meja di puncak perbukitan Desa Gambarsari dan  Desa Tumiyang. Obyek wisata tersebut semoga bisa dikenal banyak orang seperti yang sudah lebih dulu dikenal yaitu Bendung Gerak Serayu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.