Berita Nasional Terpercaya

Sudah Sampai Manakah Pendidikan Keimananmu ? Cek Di Sini!

0

Bernas.id – Pendidikan sangat penting karena dengan adanya pendidikan, tujuan bangsa ini bisa tercapai, yaitu mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan formal bisa didapat dari sekolah. Pendidikan yang didapatkan di sekolah biasanya berhubungan dengan pengetahuan umum, kecuali sekolah-sekolah yang berbasis agama seperti pesantren.

Ilmu pengetahuan mengenai dunia itu sangat penting untuk kamu menjalani kehidupan di dunia, tapi tak kalah penting ilmu akhirat sebagai bekal dan petunjuk serta penyelamat kamu di akhirat nanti. Bukan cuma pendidikan formal saja yang harus ditingkatkan, tapi juga pendidikan keimananmu harus senantiasa ditingkatkan agar naik juga kualitas dirimu.

Ilmu akhirat alias ilmu agama itu bisa didapatkan dengan mudah, dengan mengikuti pengajian atau majelis atau lainnya yang bisa menambah ilmu pengetahuan akhiratmu. Mungkin pendidikanmu saat ini sudah S1 atau sudah sampai S3, namun ternyata pendidikan keimananmu belum lulus TK. Sebelum masuk ke TK pastikan dulu kamu sudah melaksanakan kewajibanmu yaitu Salat lima waktu dan selalu tepat waktu. Setelah itu baru deh boleh lanjut tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi. Baiklah, kamu bisa cek pendidikan keimanan kamu dari penjelasan di bawah ini:

1. TK
TK yang dimaksud di sini adalah Tilawah Konsisten. Saat ini kamu sudah berapa banyak membaca Alquran tiap harinya? Atau jangan-jangan kamu tipe orang yang punya segudang alasan tuk tidak tilawah? Alasan sibuk? Masa sih nggak bisa menyempatkan diri untuk tilawah, padahal dengan tilawah kamu bisa mendapatkan ketenangan. Allah begitu baiknya sama kamu tapi kamu enggan untuk membaca ayat-ayatnya, yang jelas-jelas merupakan petunjuk bagi kamu. Tidak perlu banyak yang dibaca tapi yang perlu adalah kekonsistenanmu membaca setiap harinya.

2. SD
Nah, kalau udah lulus TK. Kamu harusnya segera masuk ke SD. SD yang dimaksud adalah Salat Dhuha.  Membiasakan diri untuk melaksanakan Salat Dhuha setiap harinya. Jika ingin rezeki bertambah maka seringlah melakukan Salat Dhuha dan minta apapun yang kamu mau sama Allah. Apakah kamu sudah lulus SD saat ini?

3. SMP
Selanjutnya adalah SMP yaitu  Salat Malam Pertahankan. Salat malam yang dimaksud di sini adalah Salat Tahajjud, maka mintalah apapun yang kamu mau di sepertiga malammu karena pada waktu ini doa sangat dikabulkan. Apalagi kamu yang sangat ini berharap dia jadi jodohmu, atau sedang ingin dapat pekerjaan yang bagus dan lainnya. Maka mulailah membiasakan diri Salat malam dan pertahankan. Jangan hanya kadang iya kadang nggak, entar Allah juga enggan mengabulkan permintaanmu.

4. SMA
Jika SMP kamu sudah lulus maka harus lanjut lagi SMA. Apa itu SMA? SMA yang dimaksud di sini adalah Senantiasa Menghafal Alquran. Tak cukup membaca saja, kamu juga barus rutin menghafal ayat-ayat Allah. Membaca satu huruf dari Alquran aja bisa dapatkan 10 kebaikan ya apalagi kamu baca satu lembar atau sampai satu juz, dan apalagi kalau kamu berusah payah tuk menghafalnya. Banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika hafal ayat-ayat Allah.

5. S1
Tak berenti sampai disitu saja, kamu juga harus lanjut lagi. Ibaratkan sekolah, tentu kamu tidak ingin jika pendidikan hanya sebatas SMA saja? maunya lanjut lagi dan lagikan? Nah, untuk meningkatkan keimanan juga seperti itu,kamu harus terus melanjutkan pendidikan keimananmu yaitu lanjut ke jenjang S1. Maksudnya adalah Silaturahmi. Menjalin hubungan baik dengan saudara ataupun tetangga sangat dianjurkan dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam agama. Salah satu manfaat yang di dapat dari silaturahmi adalah bisa memanjangkan umur dan selain itu juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan.

6. S2
Kalau udah lulus S1 maka gak enak rasanya kalau hanya terhenti sampai di situ saja. Kamu harus lanjut S2. Artinya apa? S2 itu adalah  Shaum Sunah. Shaum berarti puasa. Nah, biasakan diri untuk melakukan Shaum Sunah seperti puasa Senin dan kamis yang selalu dilakukan oleh Rasulullah. Apakah kamu sering melakukannya? Banyak manfaat yang didapat dari puasa, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. S3
Kalau sudah lulus S2 mau lanjut S3 nggak? Hanya dengan melakukan hal yang sederhana? Jika mau, cukup lakukan Sedekah Sebanyak dan Seikhlasnya. Nah S3 yang dimaksud adalah Sedekah Sebanyak dan Seikhlasnya. Allahkan sudah bilang kalau kamu memberi maka Allah akan ganti 10 kali lipat dari yang kamu keluarkan. Bersedekah juga tidak menunggu kamu harus berkecukupan, karena manusia tidak akan pernah merasa cukup. Justru kamu dapat nilai lebih ketika dalam keadaan sulit tapi masih mampu bersedekah.

Dari penjelasan di atas kamu sudah menyelesaikan pendidikan yang mana? Semoga kamu selalu meningkatkan pendidikan keimanan kamu ya, dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.