Berita Nasional Terpercaya

Heran, Ibu Rumah Tangga Kok Bisa Menelurkan Banyak Buku? Ssstt, Ternyata Ini Lho Rahasianya!

0

Bernas.id – Ibu rumah tangga identik dengan pekerjaan yang dilakukan dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Pekerjaan full time dengan jeda istirahat sedapatnya waktu. Terlebih jika ibu sudah mempunyai 'tugas negara' mengurus beberapa anak tanpa ada asisten rumah tangga dan menjalankan bisnis dari rumah. Jadwal bisa menjadi dua kali lipat padatnya.

Herannya, banyak ibu-ibu dengan waktu yang tidak banyak bisa menghasilkan banyak buku, mengisi blog rutin dan memberikan materi kelas online kepada murid-muridnya. 

Ternyata ini salah satu rahasia seorang ibu bernama Afin Murtie yang bisa produktif menulis walaupun dalam keterbatasan waktu.

Menulis harus percaya diri

Menulis harus dibangun dari percaya diri yang kuat karena dunia kepenulisan penuh dengan warna. Bagaimana bisa menelusuri lebih jauh tentang kepenulisan bila sang penulis tidak percaya tentang kemampuannya. Dengan percaya diri yang tinggi, penulis bahkan bisa mengirimkan naskahnya ke penerbit.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Talk less do more 

Usahakan untuk sedikit bicara dan banyak bekerja. Belajar membagi waktu dengan anak dan keluarga membuat tidak banyak waktu yang tersisa untuk menulis. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Menulis dengan santun dan bermartabat

Berusaha menulis dengan kalimat santun tapi tidak kaku. Buatlah batasan-batasan sendiri tentang aturan santun dalam menulis, seperti menghindari perpecahan dengan tidak ikut memberikan komentar dalam permasalahan yang tidak diketahui secara benar dan mencoba santun dalam setia tulisan. Dengan bersikap santun, pembaca dan keluaga juga akan tertular bersikap santun. 

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

Komitmen dalam pekerjaan

Kunci sukses dalam menjalani sesuatu pekerjaan adalah komitmen. Mengerjakan tulisan dengan baik dan tepat deadline. Jika masih diperlukan waktu tambahan, segera bernegosiasi dengan penerbit.

Baca juga: Interpretasi: Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

Jujur dan cinta menulis

Pekerjaan apapun bila dilandasi dengan cinta, pasti hasil akan menjadi hebat. Menulis juga perlu kejujuran, karena tulisan kita nantinya dibaca orang banyak dan bisa menjadi manfaat bagi pembacanya.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Membagi waktu antara menulis dan keluarga

Keluarga adalah kewajiban utama, sedang menulis adalah sebuah pekerjaan. Jadi menulislah ketika 'tugas negara' dalam keluarga sudah selesai dikerjakan. Menulis juga bisa dilakukan di sela-sela mengerjakan tugas rumah tangga dan kekosongan aktifitas bisa teratasi.

Rahasia ini bisa disebarkan lho, karena rahasia ini bisa berguna bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai menulis tapi merasa tidak ada waktu. Selamat mencoba!

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.