Berita Nasional Terpercaya

Sering Sakit Tenggorokan? Coba Obat Alami Ini

0

Bernas.id ? Sakit tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Sebagian besar orang memilih antibiotik untuk meredakan rasa sakit. Dikutip dari aladokter.com bahwa pemakaian antibiotik secara berlebihan justru menjadikan kuman semakin kebal yang berujung pada resistensi antibiotik yang membahayakan bahkan menimbulkan infeksi mematikan.

Sebenarnya alam sudah menyediakan obat-obatan yang lebih aman dikonsumsi, hanya saja seringkali kita tidak menyadarinya. Juga kehidupan modern membuat kita tidak yakin akan kemanjuran obat-obatan tersebut. Simak ulasan tentang obat-obat sakit tenggorokan di bawah ini.

1. Berkumur dengan air garam

Obat alami ini dapat Anda buat dengan mudah, cukup menambahkan satu sendok teh garam dan masukkan ke dalam 240 ml air hangat, aduk. Lalu berkumurlah dengan posisi menengadah, sehingga air garam dapat mencapai tenggorokan dan membunuh bakteri serta virus yang ada. Air garam juga dapat membersikan dahak.

2. Teh hangat

Minum teh hangat dapat meredakan sakit tenggorokan. Teh memiliki berbagai macam kandungan yang dapat melewan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Di dalam teh juga terkandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menambah kekebalan tubuh.

3. Madu

Madu merupakan obat alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan segala penyakit seperti yang tercantum dalam QS. An-Nahl: 69. Madu yang dicampur dengan teh atau diminum langsung berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Teksturnya yang lembut dapat membuat tenggorokan yang kering terasa lebih nyaman.

Itulah cara mudah dan alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Selamat mencoba.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.