Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Ada Sisi Positifnya Lho Dari Pengaruh Internet Bagi Anak

0

Bernas.id – Dalam perkembangan zaman, penggunaan internet meluas, bahkan anak-anak pun bisa dengan mudahnya mengakses internet kapan pun dan di mana pun. Dalam era perkembangan zaman ini juga sudah tersedia banyak teknologi apa pun, termasuk gadget ikut mendukung.

Selama ini kita pasti mengetahui dan bahkan ada juga yang pernah mengalami, bahwa pengaruh internet dalam sisi negatif sangat membahayakan bagi anak, mulai dari kecanduan hingga paparan pornografi. Namun, rasanya tidak adil jika kita hanya mengetahui sisi negatif dalam pengaruh internet bagi anak.

Berikut 3 sisi positif dari internet bagi anak!

1. Sebagai sarana media dalam bersosialisasi anak

Sudah tidak diragukan lagi bahwa internet bisa menjadi sarana media dalam bersosialisasi untuk kalangan apa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu pengaruh internet dalam sisi posisif adalah membuat anak menemukan lingkungan yang baru dan nantinya hal tersebut juga bisa memengaruhi cara anak berinteraksi di dunia nyata. Namun, meski begitu orang tua juga harus tetap mengawasi media-media yang telah dipegang oleh anak. Guna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Sebagai sarana sumber belajar bagi anak

Dampak positif lain bagi internet adalah sebagai sumber belajar bagi anak, hal ini bisa memudahkan anak untuk mencari informasi dan pelajaran yang akan dipelajarinya. Selain itu, untuk mengakses internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Jadi seseorang bisa kapan saja mencari informasi dan referensi dalam mengerjakan tugasnya.

3. Sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas anak

Ini dia! Bisa jadi puncak dari sisi positif internet bagi anak, dengan menggunakan internet dengan baik. Bisa jadi sang anak menggunakannya sebagai peluang untuk mengembangkan kreativitasnya, dengan berbagai macam cara yang bisa membuat mata, otak dan tangan terkoordinasi dengan baik untuk kreativitas.

Ini dia 3 sisi positif dari internet bagi anak, sebenarnya masih banyak pastinya. Oh ya, Walaupun seperti itu, para orang tua juga harus tetap mengawasi semua pergerakan anak dalam menggunakan internet. Tak jarang karena pengawasan dari orang tua yang kurang membuat sang anak menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik untuknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.