Berita Nasional Terpercaya

Ingin Anak Berhenti Nge-Game? Ajak Anak Produktif dengan Aplikasi Gawai Bertema Musik (Tema 2)

0

Bernas.id – Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas bagaimana pentingnya anak memanfaatkan teknologi untuk berkreasi dan produktif, tidak hanya sekedar mengoperasikan gawai canggih yang dimilikinya. Tidak saja untuk anak yang bakat dan minat di bidang grafis, teknologi perangkat dan aplikasi yang ada pada gawai bisa juga untuk menyalurkan bakat dan minat anak di bidang musik dan tarik suara. Simak tips berikut untuk anak yang ingin membuat karya-karya audio visual. 

Belajar Lagu Baru

Bila anak tertarik di bidang musik dan terampil bermain alat musik, sekarang banyak video Youtube yang menampilkan tutorial bagaimana memainkan alat musik untuk lagu tertentu. Biasanya, dalam video tersebut akan diperlihatkan posisi jari, posisi tuts atau senar, serta notasi musiknya yang bisa berupa not balok atau hanya deretan chord pengiring. Anda bisa meminta anak untuk mencari nada dari lagu yang sering didengarnya, dan mencoba untuk memainkan di alat musiknya. Selain itu, aplikasi gawai seperti MuseScore, yang memberi akses ke ribuan lembaran musik dengan fasilitas midi sehingga not-not yang tertulis bisa didengar, akan memudahkan anak belajar lagu. Kemudian, hasil belajar lagu tersebut bisa direkam dalam bentuk audio atau video dan diunggah ke sosial media.

Membuat Cover Lagu

Saat ini, fenomena cover lagu cukup semarak di kalangan remaja. Bila mereka menyukai satu lagu tertentu, mereka dengan kreatif bisa membuat cover lagu tersebut dengan versi mereka sendiri. Berbeda dengan belajar memainkan lagu yang persis dengan lagu aslinya, maka cover lagu bisa jadi jauh berbeda dari lagu aslinya baik dari segi gaya maupun genre. Cover lagu bisa berupa instrumental atau dengan vokal. Tantang anak untuk bisa produktif membuat cover lagu dan direkam dalam bentuk video sehingga bisa diunggah ke sosial media. 

Membuat Komposisi Lagu

Biasanya, untuk anak yang memiliki jiwa dan kemampuan bermusik yang tinggi, mereka tidak hanya sekedar memainkan alat musik, tetapi juga bisa membuat komposisi lagu. Tentu, anak sudah harus bisa membaca not balok sebelum bisa melakukan komposisi lagu. Beberapa aplikasi gawai seperti Maestro, Ensemble Composer, atau Score Creator bisa dimanfaatkan untuk membuat komposisi lagu dengan not balok.

Membuat Musik Remix dan Rekaman

Tidak hanya sekedar membuat cover lagu, beberapa aplikasi gawai saat ini bisa memfasilitasi untuk bisa meramu musik remix sekaligus mengunggah ke Internet maupun sosial media. Aplikasi seperti Musik Maker Jam, Walk Band, atau MixPads menyediakan fitur drum pad dan dj mixer untuk membuat irama ketukan tertentu dan meramu musik digital. 

Membuat Kolaborasi dalam Band

Bermain musik tentu akan lebih bagus bila mendapat kesempatan untuk bisa bermain dalam band, karena anak akan terbiasa untuk mendengarkan permainan orang lain. Namun, bila belum mendapat kesempatan bermain dengan band, anak masih bisa berkolaborasi dengan musisi lain di aplikasi BandLab. Aplikasi inimenyediakan akses ke ribuan trek suara yang direkam musisi lain, dan bisa digabungkan dengan trek musik yang anak mainkan sehingga tercipta kolaborasi yang baik dan harmonis. 

Dengan demikian, tidak saja anak terlatih kemampuan bermusiknya, namun anak juga bisa ekspresif dan produktif dalam bermusik. Bila Anda sudah membiasakan anak untuk produktif, maka anak akan terhindar dari kegiatan berselancar di internet yang bisa mendamparkannya ke dunia pornografi ataupun pengaruh-pegaruh negatif lainnya. Di samping itu, tentu akan meningkatkan kepercayaan diri anak dalam berkreasi dan berkarya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.