Berita Nasional Terpercaya

Wah Ternyata Resahmu Bisa Menghasilkan Uang Loh!

0

Bernas.id – Pada 1 November diperingati sebagai Hari Inovasi Indonesia  atau biasa disingkat dengan HII. Inovasi adalah hal-hal baru yang diciptakan oleh manusia dengan bentuk yang berbeda dan model yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Inovasi memang membutuhkan kreatifitasan yang tinggi. Tapi bila kita lebih peka, sebenarnya inovasi ini berada sangat dekat dengan kita, hanya saja apakah kita mau mengolahnya atau tidak.

Inovasi biasanya muncul dari keresahan yang dialami oleh seseorang. Keresahan-keresahan yang kita rasakan sebenarnya mampu menjadi inovasi baru yang mampu menghasilkan. Jika kita pandai membaca peluang inovasi ini akan mampu menghasilkan banyak uang.

Otak yang digunakan untuk terus berinovasi justru akan lebih sehat dari pada digunakan hanya untuk memusingkan hal-hal yang sedang kita resahkan. Keresahan itu memang penting, namun bukan berarti kita harus terus berlarut dalam keresahan yang kita alami. Dari pada kita sibuk fokus dengan keresahan yang terjadi pada diri kita, mengapa kita tidak berfokus pada solusi apa yang bisa menyelsaikan keresahan kita. Alangkah baiknya bila kita mampu menciptakan inovasi baru atas keresahan-keresan apa yang kita rasakan.

Inovasi juga bisa muncul dari lingkungan sekitar. Misalnya seperti hal-hal apa yang sedang hits atau ngetrend saat ini. Dunia berubah dengan sangat cepat, tak perduli kita sudah siap atau tidak, dunia akan terus berotasi pada porosnya, dengan berbagai inovasi-inovasi yang muncul, dan perkembangan jaman yang semakin maju. Kita tidak bisa diam saja, karena kita akan tertinggal jauh di belakang. Bila kita hanya menjadi pengikut, kita tidak akan berada di depan. Tapi bila kita ingin berada di depan menjadi agen perubahan, maka kita harus menciptakan sebanyak-banyaknya inovasi yang berbeda.

Jadilah pembeda dengan ide-ide kreatif yang kita miliki. Jangan puas bila hanya menjadi biasa-biasa saja. Kita harus berani tampil beda. Berkontribusilah pada dunia. Berinovasi dan berkembanglah. Segala kelimpahan telah tersedia di alam. Semuanya tersedia untuk kita, tinggal bagaimana pandai-pandainya kita mengolah dan menciptakan inovasi baru.

Inovasi apa yang sedang kita ciptakan? Sudahkah kita berinovasi saat ini?  Pertanyaan seperti inilah yang harus kita tanamkan di dalam diri kita sebagai pemuda.

Karena pemuda adalah penerus sekaligus harapan bangsa. Pemuda adalah sumber daya manusia terbsesar bagi pembangunan nasional, sekaligus menjadi kunci dalam inovasi dan perubahan sosial positif.

Sekarang kita boleh memilih inovasi atau mati? kitalah yang 100% bertanggung jawab atas pilihan yang kita ambil. Semua ada di tangan kita. Inovasi atau mati?

Leave A Reply

Your email address will not be published.