Berita Nasional Terpercaya

Pengerjaan Tol Batang-Semarang Belum Rampung, Proses Ganti Tanah Wakaf TPU Belum Selesai

0

KENDAL, Bernas.id – Proyek pembangunan infrastruktur jalan tol Batang-Semarang belum rampung. Pasalnya ada sebagian tanah Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terkena proyek pembangunan tol tersebut.

Untuk itu, pihak pengembang mesti memindahkan sembilan bidang tanah yang digunakan sebagai tempat pemakaman umum (TPU) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hingga saat ini, makam-makam yang ada di TPU itu belum dipindahkan. Menurut Tendy Hardiyanto, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Jalan Tol Batang-Semarang ganti tanah masih dalam proses.

Tendy mengatakan, PPK sudah mempunyai ganti tanah tersebut. Diharapkan, akhir 2017 ini, prosesnya sudah selesai.

?Setelah itu, perpindahan makamnya bisa langsung dilaksanakan,? paparnya.

Di lain pihak, Totok Suharto selaku Humas PT Waskita Toll Road Seksi IV dan V mengungkapkan, beberapa makam yang terkena proyek Jalan Tol Batang-Semarang, adalah makam keramat.

Di antaranya makam Mbah Sekiah dan Sumeto Kadi, yang ada di dukuh Penjor Desa Nolokerto Kaliwungu.

?Sudah ada tanah pengganti makam itu. Kalau nanti warga tidak berani memindahkan makam itu, dan menyerahkan pada kami, maka akan kami pindahkan,? jelas Totok.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kendal, Subaidi, menjelaskan TPU yang terkena jalan tol ada di 5 desa. Masing-masing Desa Sumberjo, Desa Nolokerto Kaliwungu, Desa Penjalin, Desa Kertomulyo Brangsong, serta Desa Magelung Kaliwungu Selatan. Total luasnya, sekitar 6.780 meter persegi.

?Kalau kami hanya menerima data saja,? tutup Subaidi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.