Berita Nasional Terpercaya

Misteri Lubang Biru Raksasa di Great Barrier Reef Australia Akhirnya Terkuak

0

Bernas.id – Sebuah lubang raksasa berwarna biru di Great Barrier Reef, Australia selama ini telah menjadi hal misterius bagi para penyelam. Tetapi para ahli geologi dan peneliti baru-baru ini berhasil memecahkan rahasia di dalam lubang raksasa itu.

Lubang yang dinamakan Blue Hole itu berjarak 200 kilometer dari Pulau Daydream, di timur laut Australia.

Seperti dikutip dari Daily Mail pada Kamis (2/11/2017), sebelumnya, masih sangat sedikit infomasi yang diketahui tentang lubang tersebut. Namun penelitan terbaru menyebutkan, ternyata lubang besar itu adalah rumah bagi terumbu karang sehat. Padahal pemutihan karang masih berlanjut di Great Barrier Reef. 

Ahli biologi kelautan dari Whitsunday, Australia, Johnny Gaskell, membagikan gambar Blue Hole di Instagram miliknya.

“Blue Hole sebelumnya disebutkan oleh geologis diperkirakan lebih tua dari Great Blue Hole yang terkenal di Belize,” terang Gaskell.

“Lokasi Blue Hole ada dibagian Great Barrier Reef yang jarang sekali dieksplorasi, lebih dari 200 kilometer dari Pulau Daydream,” sambung dia.

Dalam keterangan foto Instagram-nya, Gaskell menuliskan, untuk menuju kesana, pihaknya melakukan perjalanan semalaman lebih dari 10 jam. ?Sebuah perjalanan yang sangat berarti!,” tulis Gaskell.

Tim penyelam baru meneliti Blue Hole sampai kedalaman 20 meter, sebelum menyentuh sedimen yang perlahan-lahan miring ke arah pusat.

“Sangat bagus untuk melihat koloni karang yang sehat,” tambah Gaskell.

Penemuan karang yang sehat di dalam Blue Hole itu mengejutkan para ahli, sebab pemutihan karang yang luas di Great Barrier Reef masih terus berlangsung.

Karang di Great Barrier Reef telah melewati dua peristiwa pemutihan berturut-turut. Pada tahun 2016 dan awal tahun ini, para ahli khawatir sampai kapan karang itu bisa bertahan hidup akibat pemanasan global. 

Pemutihan karang dapat berlangsung hingga enam minggu dan akan pulih jika suhu air turun serta perginya ganggang dari sekitar karang. Banyak juga karang yang terkena pemutihan mati dan tertutup ganggang.

Meski demikian, penemuan karang yang sehat di dalam Blue Hole ini memberikan harapan untuk pemulihan Great Barrier Reef.

Baca juga Google Earth Ungkap 2 Benda Mirip Piramida Bawah Laut di Bahama

Blue Hole adalah lubang di lautan yang meluas dan sangat dalam di bawah permukaan laut. Formasi ini sudah terbentuk sejak zaman es, ketika permukaan laut sedalam 100-120 meter lebih rendah daripada sekarang. Perlahan-lahan, lelehan es mulai melarutkan tanah batu kapur, membentuk lubang dengan gua-gua besar dibawahnya.

Atap dari gua-gua itu akhirnya akan runtuh dan meninggalkan lubang yang dalam. 

Ketika gletser dari zaman es terus meleleh, lubang dalam di tanah itu akan terisi dengan air lalu membentuk lubang biru yang kita lihat hari ini.

Lubang biru dapat ditemukan di berbagai belahan bumi. Contoh yang paling terkenal adalah Belize's Blue Hole, dengan luas lebih dari 300 meter (984 kaki) dan kedalaman 125 meter (410 kaki) yang diyakini sebagai lubang terbesar di dunia.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.