Berita Nasional Terpercaya

Terancam PHK? Lakukan Berbagai Persiapan Ini Agar Tidak Menderita

0

Bernas.id ? Seperti yang kita ketahui, beberapa bulan belakangan ini beberapa perusahaan ritel memutuskan untuk menutup gerai ritelnya. Beragam spekulasi dilontarkan sebagai penyebab ditutupnya gerai ritel tersebut. Ada yang mengatakan karena turunnya daya beli masyarakat, ada juga yang mengatakan kecenderungan perubahan pola konsumsi masyarakat, dan sebagainya. Namun, terlepas dari apa penyebab perusahaan ritel berbondong-bondong menutup gerainya, mari menengok sejenak nasib para karyawannya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Roy Mandey, mengatakan bahwa seAndar empat juta orang terserap pada sektor ritel. Sekarang coba bayangkan, bagaimana nasib para karyawan tersebut jika banyak toko ritel yang berguguran. Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memang menjadi mimpi buruk bagi seorang karyawan. Bukan hanya bagi para pekerja di sektor ritel, tapi bagi siapapun yang berstatus pekerja atau karyawan.  

Ancaman PHK merupakan sesuatu hal yang tidak bisa diprediksi, sehingga Anda harus berhati-hati dan mempunyai langkah antisipasi setiap saat. Nah, biar nggak menderita saat PHK terjadi pada Anda, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal terutama yang berkaitan dengan pengelolaan uang. Berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan Tabungan

Jika sebelumnya, sebagian besar penghasilan habis untuk biaya hidup dan membayar cicilan hutang. Mulai sekarang, sisihkanlah sebagian penghasilan untuk ditabung minimal sebesar 15%. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, tentunya suatu hari nanti ini akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup meskipun Anda sudah tidak bekerja lagi.

2. Dana Darurat

Selain tabungan, ada baiknya persiapkan juga tabungan cadangan untuk dana darurat. Sisihkan seAndar 10% dari penghasilan untuk tabungan cadangan tersebut. Ingat! Karena tabungan ini digunakan untuk dana darurat, maka jangan sembarangan menggunakan. Hindari pembuatan ATM agar Anda tidak bisa menarik sesuka hati tabungan tersebut.

3. Berinvestasi

Berinvestasi merupakan salah satu langkah yang tepat dalam mengelola keuangan, karena Anda bisa mendapatkan passive income. Jangan khawatir bahwa untuk berinvestasi memerlukan dana yang besar, karena saat ini investasi bisa dilakukan hanya dengan modal Rp100.000,00. Sedangkan untuk reksadana sendiri, beberapa sekuritas memperbolehkan nasabahnya bergabung hanya dengan modal Rp500.000,00. Hasil dari dana yang diinvestasikan bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai modal membuka bisnis.

PHK memang sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh siapapun tapi juga tidak bisa dihindari. Hal tersebut merupakan sebuah risiko pekerjaan yang harus dihadapi. Jika Anda termasuk orang yang terkena PHK, jangan panik. Tetap tenang dan atur strategi agar tetap bisa melanjutkan hidup karena di PHK bukanlah akhir dari segalanya. Siapa tahu justru setelah di PHK membawa Anda pada kehidupan yang lebih baik. Dan semoga tips di atas bisa menjadi solusi saat PHK menghampiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.