Berita Nasional Terpercaya

Mulailah Makan Ikan dari Sekarang, Jika Tidak Ingin Ditenggelamkan

0

Bernas.id – Bagi kamu yang suka makan ikan, mungkin sekarang harus berbahagia. Karena di dalam kandungan ikan banyak mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, D, B6, dan B12. Di mana vitamin A sangat berguna untuk mencegah kebutaan pada anak, vitamin D berguna untuk kepentingan pertumbuhan tulang dan kekuatan tulang, vitamin B6 berguna untuk mencegah anemia dan kerusakan syaraf, serta vitamin B12 berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah.

Selain memiliki berbagai vitamin, ikan juga mengandung beberapa mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah terjadinya anemia, yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan meningkatkan pertumbuhan anak bahkan kecerdasan, selenium yang melindungi tubuh dari radikal bebas, seng yang berperan dalam sistem kerja enzim dan hormon, dan kandungan flour yang dapat menguatkan dan menyehatkan gigi.

Protein yang terkandung pada ikan setara dengan protein yang terkandung di dalam daging, juga lebih mudah diserap oleh tubuh. Memakan ikan juga bisa menjaga kadar kolesterol karena asam lemaknya yang bersifat tidak jenuh. Ikan juga mengandung omega 3 seperti yang terdapat dalam ikan salmon yang berguna bagi pertumbuhan sel-sel otak anak. Wah, begitu banyak kandungan vitamin, mineral, dan protein yang bisa kita peroleh dari memakan ikan, ya?

Daging ikan juga tidak kalah enak dengan daging ayam atau daging sapi. Kita bisa mengolah daging ikan menjadi makanan yang lezat seperti gulai ikan, ikan balado, ikan goreng, atau ikan pepes. Saat ini, melalui Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di salah-satu stasiun televisi, berpesan agar masyarakat gemar makan ikan.

Indonesia sendiri, seperti kita ketahui merupakan negara maritim yang banyak dikelilingi oleh lautan, dimana ikan sangat berlimpah pada lautan Indonesia. Lalu kenapa masyarakat kita enggan memakan ikan? Padahal, kandungan gizi yang terdapat pada ikan mampu menunjang kecerdasan pada otak terutama pada anak-anak. Bukankah keberhasilan negeri ini salah-satunya bisa dilihat dari kecerdasan generasi mudanya?

Seharusnya kita bisa meniru negeri “Sakura” Jepang, dimana hampir semua masyarakatnya gemar memakan ikan yang disajikan dalam salah satu makanan seperti Sushi. Tidak heran jika orang Jepang cerdas-cerdas dan memiliki usia rata-rata diatas 70 tahun.

Bahkan Ibu Susi, Mentri Kelautan dan Perikanan juga meminta masyarakat untuk gemar memakan ikan. Beliau sendiri memiliki selogan yang sempat viral di media sosial

“Tidak Makan Ikan, Tenggelamkan !

Nah, sudah tahu bukan betapa pentingnya untuk memakan ikan? Ayo, mulai menjadikan ikan sebagai makanan penting bagi kita karena kandungan gizinya yang berguna bagi kesehatan dan kecerdasan.

 

Sumber : penyuluhankelautanperikanan.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.