Berita Nasional Terpercaya

Percepatan Kemudahan Usaha di Indonesia Diakui Dunia Internasional

0

JAKARTA, Bernas.id – Kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam memperbaiki kondisi ekonomi secara keseluruhan kembali membuahkan hasil dan berhasil dicatat dunia internasional berkat kerja bersama antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Dalam laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Dunia berupa Ease of Doing Business (EODB) tentang Kemudahan Berusaha, tercatat peringkat kemudahan berusaha di Indonesia 2018 naik 19 peringkat ke posisi 72 dari 190 negara yang disurvei.

Tentunya pencapaian ini melanjutkan tren percepatan peningkatan peringkat dalam dua tahun terakhir, karena sejak EODB 2017 posisi Indonesia sudah mengalami hal positif dan naik 15 peringkat, dari 106 ke peringkat 91. Dan pencatatn tahun 2017 itu membuat Indonesia masuk dalam 10 negara Top Reformers

?Dalam 3 tahun terakhir, Indonesia telah menjadi tempat yang lebih mudah untuk berusaha. Prestasi ini tak terlepas dari kerja keras semua pihak,? ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Sebagai perbandingan, perkembangan peringkat negara-negara lain di ASEAN dalam 2 tahun terakhir antara lain: Vietnam naik 23 peringkat dan Thailand naik 20 peringkat. Adapun Malaysia turun 2 peringkat dan Filipina turun 14 peringkat.

Tentunya dengan pengakuan dunia internasional ini membuat penyerapan tenaga kerja semakin luas dan berpeluang membantu roda perekonomian masyarakat kedepan.

Seperti diketahui bahwa pemerintah RI Presiden Joko Widodo memang focus untuk terus memperbaiki roda perekonomian Indonesia, semua langkah dilakukan termasuk membangun infrastrutur dan saran transportasi yang ada dibeberapa wilayah, serta meningkatkan potensi wisata di beberapa daerah yang bisa dijadikan destinasi baru bagi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.