Berita Nasional Terpercaya

Berbahaya! Jangan Sepelekan Mendengkur

0

Bernas.id – Mendengkur mungkin sudah dianggap sebagai hal yang biasa pada masyarakat kita. Tidur dengan disertai mendengkur, dianggap hal yang lumrah dan sepele. Bahkan ada yang beranggapan, tidur disertai mendengkur berarti nyenyak tidurnya. Akan tetapi tahukah Anda, bahwa mendengkur merupakan gejala beberapa penyakit dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Mendengkur adalah suara yang dihasilkan saat tidur dikarenakan adanya getaran yang dihasilkan oleh udara yang melewati saluran pernafasan, di mana saluran pernafasan ini mengalami penyempitan sebagian.

Penyempitan saluran pernafasan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti posisi tidur terlentang, yang mengakibatkan lidah jatuh ke belakang sehingga menutupi saluran pernafasan. Adanya pembesaran pada organ tonsil karena infeksi saluran pernafasan. Obesitas yang menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di daerah sekitar leher. Satu lagi penyebab mendengkur yang paling berbahaya adalah OSA (Obstructive Sleep Apnea). OSA merupakan suatu penyakit dimana terdapat kelainan pada jaringan di saluran pernafasan. Karena hal ini, pada saat tidur, maka saluran pernafasan akan menjadi terlalu rileks, sehingga dapat menyumbat saluran pernafasan.

Jika penyumbatan saluran pernafasan hanya sebagian, maka terjadilah mendengkur. Tetapi jika terjadi penyumbatan saluran pernafasan secara keseluruhan dan penderita tidak sadar, maka dapat terjadinya kekurangan oksigen menuju otak yang dapat berakhir dengan kematian.

Selain mendengkur, gejala khas lainnya pada penderita OSA adalah sering tersedak saat tidur atau terbangun saat tidur karena tersedak. Hal ini dikarenakan tubuh masih berespon terhadap adanya sumbatan di saluran nafas, sehingga terjadilah tersedak sebagai upaya untuk membuka saluran pernafasan. Jika tubuh sudah tidak berepon dan refleks sedak menghilang, maka penderita tidak sadar bahwa dia mengalami sumbatan di saluran pernafasannya, sehingga dapat berujung ke kematian.

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mempunyai kebiasaan mendengkur setiap tidur, bahkan suara dengkurnya sangat keras, maka waspadalah. Jangan sepelekan. Segera konsultasikan kepada dokter. Hal ini penting supaya segera diketahui penyebab mendengkurnya, sehingga dapat mendapatkan penanganan lebih awal dan mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.