Berita Nasional Terpercaya

Percayalah! Kerja Tidak Melulu Harus di-Kantor

0

Bernas.id – Menjadi pekerja kantoran, memang masih dianggap pekerjaan yang paling menjanjikan oleh sebagian besar masyarakat kita. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa mendapatkan gaji tetap setiap bulan, mengenakan baju rapi dan sepatu mengkilap, jam kerja yang pasti, duduk santai di kursi empuk, serta berbagai anggapan positif lain, yang membuat sebagian besar orang atau anak muda yang baru lulus kuliah menginginkan pekerjaan ini.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Namun yang perlu kamu tahu, menjadi pekerja kantoran tidak semulus apa yang kamu bayangkan. Di bawah ini beberapa ulasan mengapa kamu tidak harus menjadi pekerja kantoran.

1. Peraturan yang  lebih mengikat

Duduk nyaman di kursi kantor, berarti kamu harus selalu tunduk terhadap peraturan kantor. Contoh kecilnya saja, misalnya ketika kamu merasa lapar sedangkan ada bos killer yang sedang mengawasi pekerjaanmu, dapat dipastikan kamu akan menahan rasa lapar tersebut entah sampai berapa lama. Berbeda jika kamu di lapangan. Jika lapar, pasti ada banyak kesempatan untuk pergi ke warung, bukan?

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

2. Pekerjaan yang monoton

Menjadi pekerja kantoran, berarti kamu harus selalu bertatap muka dengan komputer dan seabrek berkas di meja yang harus segera kamu selesaikan. Bayangkan saja hal tersebut dilakukan nyaris setiap hari selama 8 jam atau bahkan lebih. Belum lagi jika ada tugas tak terduga yang tiba-tiba dibebankan kepadamu. Suatu saat nanti pasti ada di mana kamu akan menemukan titik jenuh menjadi seorang pekerja kantoran. Berbeda jika kamu bekerja di lapangan atau bahkan di rumah, seperti seorang wartawan atau penulis. Tentunya kamu akan selalu menemukan hal baru yang tidak monoton.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

3. Konflik yang lebih rumit

Bekerja dalam satu atap dengan puluhan kepala yang berbeda, dapat dipastikan pasti terjadi gesekan atau perbedaan pendapat yang berujung konflik. Memang, dalam setiap pekerjaan pasti akan selalu terjadi konflik. Tetapi dengan berada di satu ruang tertutup, konflik cenderung mengendap dan tidak mustahil akan terus berkesinambungan. Berbeda jika berada di lapangan, konflik yang terjadi dapat diselesaikan dengan suasana yang lebih santai.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

4. Waktu, tenaga dan pikiranmu akan habis terkuras untuk bekerja di kantor

Jika kamu masih muda, maka sesungguhnya masih banyak kegiatan dan pengalaman lain yang seharusnya kamu jabani. Tanpa status menjadi karyawan kantoran kamu akan mendapatkan peluang yang lebih besar lagi dalam mengembangkan diri. Kalau sudah begitu tentunya kamu akan lebih banyak mendapatkan sumber penghasilan.

Baca juga: Inilah 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

5. Kamu harus mengobankan Passion-mu

Dari semua hal di atas, poin kelima merupaka poin yang paling menyedihkan. Bagaimana tidak? Kamu harus rela mengorbankan passion-mu hanya untuk bekerja dengan orang lain di kantor. Memaksakan diri untuk mencintai sesuatu yang tidak kita cintai merupakan hal yang sulit bukan? Bukan hanya kepada manusia, tetapi hal tersebut juga berlaku terhadap suatu pekerjaan.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

6. Waktu untuk keluarga, teman-teman, bahkan diri sendiri yang tersita

Menjadi seorang freelancer nyatanya juga tidak lebih buruk dari seorang pekerja atau karyawan kantoran lo.. Bayangkan saja, misalnya kamu menjadi seorang penulis, kamu dapat mengatur jam kerjamu sendiri dan memanfaatkannya untuk dapat berkumpul bersama dengan keluarga dan teman-teman. Bahkan kamu juga dapat memanjakan diri kamu misalnya ke salon atau mall kapan pun sesuai dengan keinginanmu.

Nah, itu tadi beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui perihal duka menjadi seorang karyawan kantoran. Saran yang dapat penulis sampaikan terutama bagi kamu yang masih berusia muda, atau yang baru lulus sekolah atau kuliah adalah ubahlah mindset kamu tentang dunia kerja. Gapai apa yang menjadi passion mimpi kamu selagi  masih muda. Jangan terlalu nyaman berada di zona nyaman. Out of the box adalah tantangan yang harus kamu hadapi. Percayalah, kerja itu tidak melulu harus selalu di kantor.

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik

Sumber gambar : https://www.google.co.id/search?q=pusing+di+kantor&dcr=0&tbm=isch&source=iu&pf=m&ictx=1&fir=pcBekAELvBxHRM%253A%252CnuQwKaEUK3MlqM%252C_&usg=__tCTAmwTp_zkvds_n29Qk_gH1Duk%3D&sa=X&ved=0ahUKEwj23cKFgqXXAhXLXbwKHT3CBcQQ9QEILTAD#imgrc=ijf3o4UVHAblhM:

Leave A Reply

Your email address will not be published.