Berita Nasional Terpercaya

Menjamurnya Tren Pelatihan Kepemimpinan

0

Bernas.id – Ada sebuah hadist mengatakan, ?Bahwa setiap orang itu akan diminta pertanggung jawabannya?. Hadist tersebut sangat populer apalagi jika dikaitkan dengan kata pemimpin. Kata pemimpin diambil dari kata ?pimpin? yang berarti (dalam keadaan) dibimbing dan dituntun. Namun jika kata ?pimpin? dimasuki dengan kata sambung 'pe-', maka mempunyai arti yang berbeda lebih mengarah kepada pelaku/subyek yaitu orang yang memimpin, atau orang yang ditunjuk menjadi sesutu hal yang sentral.

Setiap manusia berhak menjadi pemimpin, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai bagaimana bersikap, bagaimana berbicara hingga bagaimana berperilaku. Pernah mendengar istilah leadership atau kepemimpinan? Ternyata untuk menjadi seorang pemimpin yang siap baik mental maupun jiwa raga ada kelas dan training khusus. Banyak training yang berusaha mengajak masyarkat luas khususnya kaum muda untuk menjadi seorang pemimpin.

Karena menjadi pemimpin tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, membutuhkan sebuah proses matang dan panjang. Karena seorang pemimpin akan menentukan nasib apa yang ia pimpin. Pemimpin dituntut harus bersikap bijak, apalagi jika dihadapkan pada sebuah penentuan akan keputusan.

Tindakan dan ucapan seorang pemipin akan sangat berpengaruh untuk kehidupan orang lain. Bangkit dan jatuhnya suatu negara atau lembaga itu bergantung bagaimana pemimpin dalam bertindak, mengatur segala urusan yang berkaitan dengan orang banyak.

Dan hal terpenting dari seorang pemimpin, ialah bahwa ia merupakan orang yang mau dipimpin. Sebelum menjadi seorang pemimpin, ia harus mau dipimpin oleh dirinya. Jangan sampai seorang pemimpin mengedepankan keinginan pribadi dibandingkan keinginan orang banyak. Dipimpin oleh dirinya mempunyai makna, bahwa ia mampu mengendalikan emosi dalam taraf seharusnya.

Selain itu, seorang pemimpin itu harus bersikap merangkul, tegas dan cerdas. Jangan bersikap otoriter yang mau memerintah saja. Maka jika Anda sudah mempunyai sikap-sikap tersebut, Anda layak untuk menjadi pemimpin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.