Berita Nasional Terpercaya

Tiga Trik Cantik untuk Menghasilkan Tulisan Unik

0

Bernas.id – Anda ingin menjadi seorang Penulis? Sepertinya hampir setiap orang di masa ini terkagum-kagum dengan seorang Penulis. Tak seperti zaman dahulu profesi ini dipandang sebelah mata. Jangan sebelah mata, dilirik pun tidak.

Berbeda dengan zaman sekarang, tatkala dunia dijejali dengan kicauan dunia Maya, baik di Twitter, Facebook, Instagram dan juga di grup WhatsApp. Tak jarang, tulisan bisa menjadi viral dan dishare puluhan, ratusan bahkan ribuan kali dan bisa menjadi perbincangan se-Indonesia Raya. Sehingga tidak heran, jika seorang Penulis dikagumi oleh setiap insan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

Pastinya banyak orang yang bertanya, menulis di media sosial saja bisa gagap. Bagaimana bisa jadi Penulis buku atau novel yang tebalnya sebesar kuping gajah. Bagaimana cara mendapatkan ide brilian sehingga bisa jadi tulisan cantik dan  menarik. Di bawah ini adalah trik cantik Penulis Unik dalam mendapatkan ide menulis. 

1. Belajar dari keheningan

Waktu sahur (pukul 3 pagi) adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan ide atau gagasan. Karena saat itu pikiran dan organ tubuh kita sedang fresh. Apalagi selepas Anda solat malam, ide yang datang dijamin tambah mantap. Waktu sahur inilah waktu hening di saat orang lain tertidur lelap, di sanalah Anda mampu berimajinasi dan menumpahkan gagasan cemerlang.

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

2. Belajar dari keramaian

Ide menulis juga bisa didapatkan dari keramaian. Misalnya, pergi saja Anda ke Pasar, di sana Anda akan melihat berbagai macam perilaku unik dari setiap orang yang ada. Baik tingkah laku pedagang yang menjajakan dagangannya, atau konsumen yang menawar dengan setengah memaksa. Dan masih banyak perilaku yang bisa diabadikan dalam memori Anda. Di sinilah ide unik ini bisa menjadikan bahan untuk tulisan Anda makin menarik.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

3. Pengalaman masa lalu

Pengalaman adalah guru yang berharga. Sedangkan masa lalu bagaikan kaca spion, yang sewaktu-waktu bisa Anda tengok. Asalkan jangan terus menerus ditengok, karena bisa membuat Anda celaka. Nah, dari pengalaman masa lalu, ambillah intisari apa yang menarik dan apa yang unik. Di sana Anda akan dengan mudah mendapatkan ide brilian untuk tulisan yang Anda buat. Karena Anda sendiri melakukan dijamin ide yang muncul ide yang hidup dan mampu menyihir pembaca.

Dari tiga trik inilah, Anda bisa memulai menjadi penulis pemula. Satu, dua, tiga tulisan awal mungkin terasa janggal, tetapi ke empat dan seterusnya, tulisan Anda akan enak dibaca dan dihayati di dalam hati, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Menulis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung Lengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.