Berita Nasional Terpercaya

Tak Hanya Balita, Lansia Juga Butuh Posyandu, Apa Kegiatannya?

0

Bernas.Id – Anak-anak usia balita (bawah lima tahun) berhak mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di posyandu. Apa itu posyandu? Kepanjangannya adalah Pos Pelayanan Terpadu yaitu pusat pelayanan kesehatan secara terpadu untuk anak-anak di bawah usia lima tahun. Meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan, deteksi dini adanya penyakit atau gangguan tumbuh kembang, serta pemberian imunisasi dan gizi tambahan yang dicatat atau dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS).

Sedangkan untuk orang tua lanjut usia (lansia), apakah juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan di posyandu? Tentu saja berhak karena orang lansia juga memerlukan perhatian dan pelayanan yang khusus dari masyarakat. Orang yang sudah lansia akan mengalami beberapa penurunan fungsi organ tubuh. Mereka akan kembali menjadi seperti anak-anak, sehingga perlu kesabaran saat berhadapan dengan mereka.

Gejala penurunan fungsi organ tubuh yang terjadi pada lansia yaitu rambut beruban karena pigmen rambut berkurang, indra penglihatan mengalami gangguan seperti rabun dekat atau rabun jauh, indra pendengaran mulai berkurang, daya ingat berkurang atau pikun, mudah emosi seperti anak-anak, tidak bisa menahan buang air kecil atau ngompol, tulang dan otot mudah capek dan tidak kuat seperti dulu lagi.

Dengan kondisi kesehatan lansia yang semakin menurun, maka perlu adanya pelayanan kesehatan dan perhatian dari masyarakat sekitar. Untuk itu perlu adanya Posyandu Lansia yang dikelola oleh kader-kader dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Pengertian Lansia menurut UU No 13 tahun 1998 yaitu seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas. Sedangkan menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), batasan lansia yaitu :

  1. Usia pertengahan (middle age), yaitu usia antara 45 sampai 59 tahun
  2. Lanjut usia (elderly), yaitu usia antara 60 sampai 74 tahun
  3. Lanjut usia tua (old), yaitu usia antara 75 sampai 90 tahun
  4. Usia sangat tua (very old), yaitu usia lebih dari 90 tahun

Bentuk pelayanan Posyandu Lansia, antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS), sehingga dapat diketahui lebih awal penyakit yang diderita atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi.

Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan kepada orang lanjut usia di Posyandu Lansia antara lain pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan, seperti makan/minum, berjalan, mandi, berpakaian, dan sebagainya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol.

Pemeriksaan mental emosional dengan cara mengajak ngobrol atau tanya jawab selama 2 menit. Apabila ditemukan suatu penyakit atau gangguan kesehatan baik fisik maupun mental emosional, maka segera diberi rujukan ke puskesmas.

Selain itu Posyandu Lansia juga menyediakan pemberian makanan tambahan yang bergizi seimbang. Posyandau juga mengadakan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan, atau menyanyi bersama, sehingga memberikan kegembiraan bagi lansia dan dapat saling berkomunikasi serta mendapatkan informasi penyuluhan dari puskesmas atau dinas kesehatan.

Jadi Posyandu Lansia adalah suatu wujud kepedulian dan bentuk tanggung jawab dari warga masyarakat. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya Posyandu Lansia maka kesehatan, kesejahteraan dan kebutuhan para lansia lebih diperhatikan dan lebih terpantau.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.