Berita Nasional Terpercaya

Petai Banyak Dibenci, Faktanya Aroma Si Hijau Ini Tak Sebanding dengan Manfaatnya

0

Bernas.id – Apakah Anda sedang memikirkan makanan apa yang aromanya tidak sedap? Apakah jawabannya sama dengan isi artikel ini? Jawabannya ada di antara dua pilihan, yaitu jengkol dan pete. Dan artikel kali ini akan membahas manfaat pete.

Pete atau petai termasuk dalam suku polong-polongan yang populer digunakan dalam masakan Thailand, Singapura, Malaysia, dan juga Indonesia. Di Indonesia sendiri, pete dapat diolah atau ditambahkan ke dalam sayur lodeh, nasi goreng, sambal goreng, dan sebagainya. Meskipun dapat diolah menjadi makanan yang enak, namun tidak sedikit orang yang tidak menyukainya. Dan bahkan membencinya karena aromanya yang khas. Aroma yang ditimbulkan pete dikarenakan kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji pete yang mengandung unsur sulfur. Nah, kandungan inilah yang menimbulkan aroma yang khas tersebut. Meskipun aromanya yang khas atau jauh dari kata sedap, pete memberikan banyak manfaat yang bisa dibilang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat-manfat dari pete:

1. Mencegah dan juga mengatasi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini dikarenakan kandungan triptofan yaitu sejenis protein yang diubah dalam tubuh menjadi sertonin, yang memberikan efek rileks yang membantu untuk mengatasi kecemasan yang akhirnya membuat Anda memperoleh kualitas tidur yang baik, meningkatkan mood, dan menimbulkan rasa bahagia.

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak.

Kandungan kalium pada pete merupakan salah satu mineral yang penting untuk menjaga cairan tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Karena kadar nutrisi inilah memungkinkan oksigen mencapai otak yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan tersebut meliputi mengingat, rekognisi pola, dan kemampuan mempersepsikan melalui indera.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati berbagai penyakit

  • Salah satunya adalah diabetes (gula darah), karena rasa pahit yang memiliki efek untuk mengatasi diabetes.
  • Mengurangi kolesterol, kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengurangi kolesterol.
  • Mengobati sakit jantung, mineral kalium dalam pete dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.
  • Mencegah anemia, kandungan zat besi yang tinggi pada pete dipercaya mampu mengatasi anemia.
  • Menghilangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk, dalam hal ini bukan untuk dikonsumsi tentunya melainkan kulit pete dengan menggosokkan kulit petai pada daerah kulit yang terasa gatal akibat gigitan nyamuk.
  • Baik bagi lambung, pete ini sangat bersahabat dengan lambung manusia meskipun dimakan mentah. Justru pete ini dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung, dan mencegah infeksi pada lambung.
  • Mengonsumsi pete dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadinya serangan strok.
  • Mengatasi gangguan pencernaan karena kandungan serat yang sangat tinggi, karena kandungan inilah berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit, diare, susah BAB, nyeri perut, dan begah.

4. Bagi wanita dapat meredakan gangguan pada saat menstruasi,

Meredakan perubahan suasana hati. Hal ini terkait dengan kandungan triptofannya.

5. Buat Anda yang memiliki berat badan berlebih bisa memakan pete.

Karena seratnya yang tinggi dapat mengikat lemak. Kegemukan yang disebabkan karena faktor stres juga dapat dicegah dengan memakan pete.

6. Bagi Anda yang perokok atau ada keluarga Anda yang memiliki kebiasaan merokok bisa memakan pete ini.

Kandungan yang ada seperti vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Dan juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh si perokok.

7. Mengandung antioksidan, vitamin C yang tinggi, dan kaya akan kandungan vitamin A.

Kandungan antioksidan yang ada pete tentu bermanfaaat dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan imunitas dan juga daya tahan tubuh kita. Lalu vitamin C yang terkandung dalam pete juga cukup tinggi meskipun tidak seperti buah-buahan yang asam seperti jeruk. Meskipun begitu kandungan yang ada sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamn C kita dalam sehari. Dan vitamin A pada pete baik untuk menjaga kesehatan mata.

Begitu banyaknya manfaat pete bagi kesehatan tubuh kita tentu dapat menambah pengetahuan dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Meskipun begitu tetap segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik buat tubuh kita. Maka sekalipun banyak manfaat pada pete jangan berlebihan juga dalam mengkonsumsinya. Semoga apa yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.